Ingin Jago dan Lancar Publik Speaking? Yuk Coba Beberapa Cara Ini

Ilustrasi seseorang melakukan public speaking (Sumber: Freepik)

Ilustrasi seseorang melakukan public speaking (Sumber: Freepik)


Be-emers pasti sudah tahu kan bahwa public speaking adalah salah satu skill yang beperan penting bagi diri kita? Kita bahkan dapat menerapkan kemampuan ini di segala bidang yang kita jalani maupun dalam keseharian umum kita.

Maka dari itu, tidak lagi mengherankan apabila sebagian besar orang mempunyai ambisi yang cukup besar untuk bisa meningkatkan kemampuan public speakingnya.

Spesial untuk para Be-emers, terdapat beberapa cara nih yang bisa dicoba untuk memaksimalkan atau mengasah skill public speaking yang kalian miliki.

Penasaran kan? Yuk, langsung simak penjelasan di bawah ini!

Baca Juga: Sering Merasa Insecure? Lakukan Hal Ini untuk Menghindarinya
 

Beberapa Cara Utama Memaksimalkan Public Speaking

 

Interaksi dengan audiens sebagai salah satu cara memaksimalkan public speaking (Sumber gambar: Freepik)

Interaksi dengan audiens sebagai salah satu cara memaksimalkan public speaking (Sumber gambar: Freepik)

 

1. Persiapkan dan Pelajari Materi Terlebih Dahulu

Menyusun dan mempelajari materi terlebih dahulu sangatlah krusial bagi public speakingmu. Tanpa adanya persiapan yang baik, maka kalian akan cenderung kesulitan ketika sedang berada di hadapan banyak orang untuk menyampaikan pesan dari materi tersebut.


Eits, kuncinya adalah bukan hanya sekadar dihapal ya Be-emers, tetapi dipahami. Dengan pemahaman yang matang, maka kalian nantinya dapat mengembangkan sendiri materi kalian sehingga terkesan lebih natural dan tidak dibuat-buat.
 

2. Kontrolah Diri Sendiri

Menguasai diri sendiri adalah salah satu cara paling penting untuk memaksimalkan public speaking kalian. Kontrolah pikiran kalian dan berusahalah untuk fokus terhadap diri kalian sendiri. Aturlah napas sehingga kalian dapat merasa lebih rileks.

Munculnya rasa gugup adalah hal yang wajar ketika berada di hadapan banyak orang. Namun, dengan mengontrol diri, kalian tentunya dapat lebih mengelola rasa gugup tersebut sehingga situasi blank atau buyar pun dapat diminimalisir.    
 

3. Jaga Interaksi dengan Audience

Selain menguasai diri sendiri, ketika melakukan public speaking kalian juga dituntut untuk bisa menguasai dan menarik perhatian audiens. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan membangun interaksi dengan audiens.

Kalian dapat menyelipkan sedikit intermezo ataupun ajakan humor di sela-sela paparan sehingga audiens pun tidak merasa jenuh. Selain itu, dengan menciptakan interaksi yang baik ini, audience biasanya akan lebih dapat memberikan perhatian penuhnya terhadap kalian.  
 

4. Cobalah Kontak Mata dengan Audience

Cara keempat untuk memaksimalkan public speaking kalian adalah dengan cobalah berkontak mata dengan audience. Selain mempengaruhi bahasa tubuh kalian, kontak mata juga dapat memancarkan kepercayaan diri yang kalian miliki.

Akan tetapi, apabila masih terlalu gugup, kalian dapat mencoba untuk mengalihkannya dengan cara memfokuskan pandangan ke dahi para audience.

Baca Juga: Jangan Minder, Begini Trik Fashion Agar Terlihat Tinggi
 

5. Tambahlah Pengalaman dan Terus Berlatih     

Cara terakhir untuk memaksimalkan skill public speaking kalian adalah dengan teruslah belajar dan menambah pengalaman. Dengan begitu, kalian dapat terus mengevaluasi dan mengasah kemampuan yang kalian miliki.

Kalian dapat belajar dari kesalahan-kesalahan yang ada dan jadikan hal tersebut menjadi pembelajaran. Dengan demikian, seiring dengan berjalannya waktu, pasti kemampuanmu akan terus meningkat.

Nah, itu lah beberapa cara yang dapat kalian coba untuk memaksimalkan kemampuan public speaking. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian semua ya Be-emers.   




Editor: Rachma Amalia