Haruskah Punya Dana Darurat?

Menyiapkan dana darurat penting sejak dini (Sumber gambar: Freepik)

Menyiapkan dana darurat penting sejak dini (Sumber gambar: Freepik)


Kebiasaan menabung adalah kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat khusunya di Indonesia. Bahkan ketika masih anak-anak, diajarkan untuk menabung oleh orang tua.

Uang yang dikupulkan terus-menerus dilakukan untuk memperoleh berbagai tujuan. Sehingga, apabila kita membutuhkannya atau sedang terdesak, kita sudah menyiapkan jauh-jauh hari sebeleumnya.

Kebiasaan tersebut akan kita bahas lebih mendalam dengan pentingnya dana darurat. Apa itu dana darurat? Apakah setiap orang harus memilikinya?

Baca Juga: Menyiapkan Dana Darurat dan Pensiun Sejak Muda, Gimana Caranya? Yuk, Simak Tips dari Dinda NM
 

Mengenal Apa Itu Dana Darurat

Dana darurat dapat dikatakan sebagai sejumlah uang yang sengaja dicadangkan oleh pemiliknya yang diperuntukkan untuk keperluan mendadak atau mendesak. Masyarakat banyak yang salah mengartikan bahwasanya dana darurat itu sama dengan tabungan, padahal hal tersebut salah.

Memang benar sama-sama menyimpan uang hanya saja tujuan yang berbeda. Jadi kita harus memiliki tabungan untuk tujuan tertentu dan dana darurat untuk keperluan mendesak. Oleh karenanya, penting bahwa masyarakat sebelum memiliki tabungan haruslah memiliki dana darurat.


Sebab, kita tidak mengetahui kapan pastinya dana darurat itu akan digunakan karena sifatnya yang mendesak dan mendadak. Seperti adanya pandemi yang lalu, masyarakat seharusnya tidak panik, karena telah memiliki dana darurat.

Sebaliknya, yang tidak memiliki dana darurat akan menjadikan kerugian dalam kehidupannya karena tidak adanya sumber penghasilan.
 

Berapa Jumlah Dana Darurat yang Dibutuhkan?

Masyarakat pasti belum mengetahui secara pasti, besarnya dana darurat itu. Apakah sama dengan tabungan atau berbeda? Atau seperti apa?

Dana darurat besarnya lebih baik dengan pengeluaran wajib bulanan seseorang. Bahkan masing-masing individu memiliki besaran dana darurat yang berbeda. Dana darurat dapat dibuat dengan jumlah dana sebesar 3-6 kali pengeluaran bulanan seseorang tergantung kebutuhan masing-masing.

Seseorang dapat menyimpan uang dengan cara bahwasanya ketika dalam keadaan darurat atau mendesak dapat dicarikan secara langsung pada saat itu juga. Beberapa rekomendasi untuk menyimpan dana darurat di tabungan bank, reksa dana pasar uang, dan emas.

Baca Juga: Investasi Emas, Seperti Apa Kelebihannya?

Banyak metode yang dilakukan untuk menyimpan uang yang dijadikan sebagai dana darurat. Hal ini dilakukan dengan menyisihkan dan membagi pendapatan ke beberapa pengeluaran dan investasi.

Bagilah pendapatan menjadi keperluan untuk pengeluaran bulanan, dana darurat, investasi, dan tabungan. Hal ini dapat berguna agar masyarakat dapat mengatur keuangan dengan baik nantinya.

Oleh karena itu, dana darurat harus dapat dibuat agar kehidupan dapat berjalan dengan baik. Karena sejatinya, manusia hanya bisa merencanakan tanpa tahu apa yang akan terjadi dimasa depan.

Untuk itu, kita perlu merencanakan masa depan keuangan dengan melakukan investasi. Adapun, hal-hal yang tidak diinginkan tentu tidak bisa kita hindari dan pentingnya dana darurat ini telah disiapkan sebelumnya.