Tips Renovasi Rumah Minim Budget

Tips Renovasi Rumah. (Ilustrasi: Canva)

Tips Renovasi Rumah. (Ilustrasi: Canva)

Like

Banyak orang yang ingin merenovasi rumahnya namun terhalang oleh biaya. Banyak juga yang akhirnya stres. Tapi, merenovasi rumah dengan budget minim tetap bisa dilakukan lho. Begini caranya.

Memiliki hunian yang nyaman dan sesuai dengan konsep pribadi memang menjadi idaman banyak orang. Tingginya harga membangun rumah membuat banyak orang lebih memilih membeli rumah yang sudah jadi.

Konsekuensinya mereka harus melakukan perbaikan di sana sini. Banyak juga yang harus melakukan renovasi besar agar nyaman ditinggali sesuai kemauannya.

Kata renovasi sering diidentikan dengan pengeluaran yang sangat besar untuk merombak rumah menjadi lebih nyaman untuk ditinggali.

Padahal anggaran renovasi rumah dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing. 
 

Tips Renovasi Rumah Minim Budget



Bisnis Muda telah merangkum tips-tips yang dapat diterapkan agar tetap bisa melakukan renovasi rumah meski anggaran minim.

Baca Juga: Untung 10 Juta dari Bisnis Renovasi Rumah Tanpa Modal. Ini 5 Caranya
 

1. Buat Skala Prioritas


Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan renovasi adalah membuat skala prioritas. Bagian mana yang paling penting untuk dilakukan renovasi.

Hal ini dilakukan untuk menghindari pembengkakan anggaran pada titik-titik yang tidak diperlukan. Skala prioritas juga sifatnya mengontrol. 

Misal menurut kamu bagian terpenting dalam bangunan rumah adalah kamar, tapi di rumah yang kamu tinggali kamar sudah cukup nyaman hanya perlu cat ulang di bagian yang terkelupas.

Sedangkan bagian dapur kotor dan tidak nyaman untuk aktivitas memasak. Maka kamu bisa tempatkan renovasi dapur pada prioritas pertama.

Skala prioritas pertama harus segera kamu renovasi dan semakin ke bawah skala prioritasnya dapat kamu tunda renovasinya.
 

2. Riset Biaya Material


Kamu juga perlu melakukan riset biaya material-material yang dibutuhkan untuk renovasi sebelum renovasi dimulai.

Riset sebelum renovasi tujuannya agar kamu memiliki banyak waktu sehingga tidak terburu-buru menentukan material yang dibeli.

Kamu jadi bisa mencari pilihan yang terbaik dan lebih murah karena telah melakukan riset di banyak tempat. Ini akan sesuai dengan budget yang minim.
 

3. Jika Bisa, Lakukan Sendiri


Saat melakukan renovasi, biasanya ada hal-hal sepele yang bisa dilakukan sendiri. Misalnya cat tembok dan memasang perangkat yang tidak membutuhkan alat berat.

Lakukan hal tersebut secara mandiri daripada meminta tolong kuli atau tukang. Kamu dapat menghemat biaya pekerja dan mengalokasikannya untuk hal lain.

Namun, untuk hal-hal besar seperti membuat pondasi, menyusun tembok, dan lainnya yang perlu bantuan kuli atau tukang, pertimbangkan untuk menggunakan jasa kuli borongan dan harian.

Sesuaikan dengan skala, waktu renovasi dan anggaran yang kamu miliki, kira-kira lebih hemat dengan sistem borongan atau harian. 
 

4. Beli Barang Bekas Layak Pakai


Dalam melakukan renovasi terkadang kita membutuhkan barang-barang penunjang. Ada yang sifatnya estetika ada yang praktikal.

Tidak harus semua barang baru, kamu bisa pertimbangkan membeli barang bekas atau secondhand yang masih bagus dan sesuai kegunaannya.

Saat ini barang-barang rumah tangga secondhand terutama furnitur banyak dijual dengan kualitas yang masih bagus dan harganya sudah turun jauh.

Baca Juga: Netizen Curhat Jual Rumah Tak Kunjung Laku, Masihkah Investasi Properti Menjanjikan?
 

5. Terapkan Konsep Rumah Elegan Sederhana 


Saat budget renovasi minim kamu perlu mempertimbangkan untuk mengusung konsep rumah elegan sederhana.

Konsep ini membuat kamu tidak memerlukan banyak ornamen dan warna dalam rumah. Biasanya hanya satu warna yang netral seperti putih atau abu-abu.

Dengan konsep ini kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli cat tembok dengan warna yang berbeda-beda. Atau mengeluarkan uang lebih untuk memasang wallpaper tembok.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.