Tetap Kreatif dan Produktif Walaupun di Rumah Saja

karantina berbuah kreativitas  (sumber : foto pribadi)

karantina berbuah kreativitas (sumber : foto pribadi)

Like

Gak kerasa sudah lebih dari 4 bulan saya berdiam diri di rumah. Selama itu pula saya berkegiatan hanya di rumah mengerjakan berbagai macam aktivitas yang bisa saya kerjakan. Mulai dari membereskan  rumah (decluttering), bekerja dari rumah (work from home) hingga belajar berkebun. Oya decluttering adalah sebuah kegiatan menyortir dan membuang barang-barang yang selama ini menumpuk di rumah dan sebenarnya tidak pernah kita pakai dan tidak kita butuhkan lagi.

Ya wabah pandemic covid-19 yang belum tahu kapan berakhirnya ini membuat saya tetap patuh pada imbauan pemerintah untuk tetap di rumah. Dan menahan diri untuk tidak keluar rumah kalo ga penting-penting amat.
Dan selama di rumah saja, saya baru sadar ternyata banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan. Tanpa harus menyalahkan situasi dan keadaan, berbekal sedikit kreativitas kita tetap bisa produktif melakukan banyak hal yang bermanfaat.

3 Hal Kreatif Yang Saya Lakukan Selama Di Rumah Saja

Berikut ini 3 hal kreatif yang saya lakukan selama di rumah saja. Teman-teman bisa ikut mencobanya atau bisa juga berkreasi sesuai dengan minat dan passion masing-masing.

1. Membuat Hiasan Dinding (Wall Art)


Diam di rumah membuat saya jadi rajin beres-beres. Saya pun menemukan beberapa benda lama yang sepertinya bisa saya manfaatkan. Benda-benda tersebut berupa koleksi CD (Compact Disc) dan beberapa printilan yang saya simpan di dalam dus seperti buah pinus kering.

Saya pikir, sayang banget kalo benda-benda ini dibuang percuma. Saya pun memanfaatkannya dengan membuat hiasan dinding. Hiasan dinding yang saya buat tentu saja memanfaatka kedua bahan tersebut, ditambah dengan sisa-sisa barang bekas lainnya yang bisa dipoles dan diolah kembali menjadi benda yang memiliki nilai lebih.


2. Berkebun

Salah satu kegiatan yang mulai saya nikmati di rumah adalah berkebun. Alias berkebun ala-ala hehe. Berbekal nonton tutorial cara menanam tanaman di akun youtube, saya memanfaatkan sisa sayuran bekas masak untuk kemudian saya tanam di dalam pot. Seperti biji cabe, bawang daun, tomat dan wortel.

Lumayan khan, selain membuat saya untuk disiplin rajin merawat dan menyiram tanaman tersebut. Saya juga bisa menikmati langsung hasilnya. Dengan catatan apabila berhasil berbuah hihi. Percaya atau tidak walopun hasilnya cuma seuprit tapi rasa bahagianya tak terbeli dengan uang lho. #TanamanBikinHappy  #BahagiaItuSederhana. Cobain deh!


3. Belajar Berjualan

Selain melakukan kegiatan yang ada kaitannya dengan hobi. Saya juga mulai belajar berjualan via online. Menurut saya di masa pandemic seperti sekarang ini, berjualan via online adalah salah satu solusi untuk menambah penghasilan.  Apabila belum memiliki cukup modal, kita bisa mulai dengan menjadi reseller.

Saat ini saya berjualan memanfaatkan aplikasi Whats App (aplikasi terpraktis dan termurah yang hampir semua orang miliki), dan juga melalui social media seperti facebook, twitter dan instagram). Aneka produk yang saya jual bervariasi mulai dari makanan (frozen food, cemilan ), produk fashion ( daster/ home dress , hijab masker ) hingga produk kesehatan seperti madu, vitamin C dan suplemen penambah imunitas tubuh lainnya.

Well, masih banyak aneka kegiatan kreatif lainnya yang bisa kita lakukan di rumah. Yuk belajar kreatif dan tetap produktif walopun di rumah aja.

Intip juga tips tetap produktif dan kreatif selama beraktifitas di rumah yang satu ini https://entrepreneur.bisnis.com/read/20200710/52/1264500/tips-tetap-produktif-dan-kreatif-selama-beraktivitas-di-rumah