Branding Baru Adidas Yeezy setelah Pisah dari Kanye West

Adidas Yeezy Kanye West. (Foto: BBC)

Adidas Yeezy Kanye West. (Foto: BBC)


Setelah putus kolaborasi dengan Kanye West, Adidas melanjutkan produk “Yeezy” dengan nama baru.

Yeezy merupakan salah satu kolaborasi brand dengan tokoh publik yang paling sukses dalam sejarah. Namun, kolaborasi tersebut telah dihentikan oleh Adidas. 

Yeezy adalah merek lini pakaian atau fashion hasil kolaborasi antara rapper, desainer, dan pengusaha Kanye West dengan Adidas, brand olahraga. 

Lini pakaian ini pertama kali dikenalkan ke publik pada tahun 2015 dengan meluncurkan seri sepatu Boost 750. 

Yeezy menginspirasi banyak fashion brand lain dalam produk-produk mereka. Bahkan di tahun 2020 Forbes menyebut perkembangan Yeezy sebagai "one of the great retail stories of the century".


Baca Juga: Kaya dan Terkenal, Apa Saja Kerajaan Bisnis Kanye West?
 

Adidas Yeezy Pisah dengan Kanye


Pada tanggal 25 Oktober 2022 Adidas mengumumkan bahwa mereka menghentikan kerjasamanya dengan Rapper Kanye West dalam lini fashion paling populer mereka, Yeezy. 

Hal ini dikarenakan Kanye West tidak dapat menyebarkan sisi positif lagi, ia kerap memberikan komen sensitif dan menyinggung kelompok tertentu. 

Puncaknya yang akhirnya membuat Adidas memutuskan kerjasama dengannya adalah komentar Anti-Semit yang disampaikannya secara luas ke publik. 

Seperti yang dilaporkan Fox Business, pihak manajemen Adidas mengatakan mereka tidak akan memberi toleransi Anti-Semit dan ujaran kebencian lainnya.

"Komentar dan tindakan Anda baru-baru ini tidak dapat diterima, penuh kebencian, dan berbahaya, dan itu melanggar nilai-nilai perusahaan tentang keragaman dan inklusi, saling menghormati, dan keadilan." lanjut Adidas. 

Anti-Semit merupakan sikap permusuhan atau prasangka terhadap kaum Yahudi dalam bentuk-bentuk tindakan penganiayaan/penyiksaan terhadap agama, etnik, maupun kelompok ras, mulai dari kebencian terhadap individu hingga lembaga.

Baca Juga: Adidas Jual Reebok ke Grup Brand Ini Senilai US$2,5 Miliar!
 

Adidas “Yeezy” Tetap Jalan dengan Branding Baru


Meski kerjasama sudah dihentikan Adidas berencana akan tetap menjual sepatu dan produk lainnya yang termasuk dalam desain Yeezy. 

Namun, tidak dengan nama atau merek Yeezy. Adidas berencana akan merilisnya pada awal tahun depan.
Bagaimanapun juga, Adidas merupakan pemilik tunggal hak desain yang terdaftar dari semua produk Yeezy. 

Ini berarti Adidas memiliki hak untuk terus memproduksi barang-barang yang terinspirasi dari Kanye.

Branding baru Adidas untuk Yeezy baru akan diungkap menuju peluncurannya tahun depan. 

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.