Crypto Winter Bikin Kraken Layoff 1.100 Pekerja

Kraken. (Ilustrasi: Kraken.com)

Kraken. (Ilustrasi: Kraken.com)


Salah satu perusahaan crypto exchange atau bursa kripto AS, Kraken, baru saja memecat karyawannya. Apa penyebab efisiensi ini?

Industri kripto sepertinya ada dalam masa yang kurang baik. Awal bulan ini salah satu bursa kripto terbesar, FTX, mengalami kebangkrutan.

Kondisi tersebut membuat orang-orang yang bermain di industri ini was-was. Ada sedikit chaos yang terjadi pasca pengumuman bangkrutnya FTX. 

Tidak sedikit perusahaan kripto yang performanya menurun dan berpengaruh pada aset kripto yang dimilikinya. Bahkan para pelaku kripto menyebut kondisi ini dengan crypto winter. 

Kabar buruk juga datang dari perusahaan kripto lainnya, Kraken, yang melakukan layoff.
 

Kraken Layoff 



Melansir dari CoinDesk, Kraken resmi memecat 1.100 pekerja yang setara dengan 30 persen total karyawannya.

Padahal pada awal tahun 2022 Kraken sempat membuat pernyataan bahwa perusahaannya sedang dalam hiring mode atau melakukan rekrutmen. 

Baca Juga: JPMorgan Sebut Akan Ada Perubahan Setelah FTX Bangkrut

Karyawan yang terkena layoff tidak terbatas pada karyawan di AS tapi juga karyawan-karyawan global. Efisiensi dilakukan buntut dari turunnya pasar kripto global.

“Sejak awal tahun 2022, faktor ekonomi makro dan geopolitik telah membebani pasar keuangan. Hal ini mengakibatkan volume perdagangan yang jauh lebih rendah dan kuantitas klien-klien baru yang lebih sedikit,” kata Kraken dalam blog resminya.

“Respon terbaik kami pada walnya adalah dengan memperlambat upaya perekrutan dan menghindari komitmen pemasaran yang besar,” lanjutnya.

“Sayangnya, pengaruh negatif pada pasar keuangan terus berlanjut dan kami telah kehabisan pilihan yang lebih baik untuk menyesuaikan biaya dengan permintaan,”

Tahun 2022 memang bukan tahun terbaik kripto. Bitcoin bahkan telah turun 63 persen sejak akhir tahun 2021.  

Selain itu total kapitalisasi pasar kripto turun lebih dari dua pertiga dalam 12 bulan terakhir. Akibatnya banyak perusahaan kripto yang melakukan layoff.

Tidak hanya Kraken, sebelumnya perusahaan Coinbase melakukan layoff terhadap 60 posisi. Unchained Capital juga memangkas sebanyak 600 karyawan.

Keputusan Kraken tidak sejalan dengan pernyataan awalnya yang mengatakan pada bulan Juni bahwa mereka ingin memperluas usahanya dengan merekrut banyak tenaga kerja berpengalaman. 

"Kami belum menyesuaikan rencana perekrutan kami, dan kami tidak bermaksud melakukan PHK," katanya saat itu.

Baca Juga: Punya Aset Kripto? Lakukan Ini Agar Aman Dari Hacker

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.