5 Kata yang Jadi "Word of The Year" 2022

Word of The Year 2022. (Ilustrasi: Getty Images)

Word of The Year 2022. (Ilustrasi: Getty Images)

Like

Setiap tahunnya kamu-kamus populer di dunia memilih kata yang paling populer. Di penghujung tahun 2022 kamus-kamus terkenal sudah memilih Word of The Year 2022.

Menjelang akhir tahun banyak tradisi yang mulai dilakukan, salah satunya memilih kata yang paling populer di tahun ini. Tradisi ini dilakukan oleh kamus-kamus terkenal di dunia. 

Beberapa kata dipilih karena penggunaan dan pencariannya mengalami peningkatan. Beberapa kata dipilih karena menggambarkan atau sesuai dengan keadaan di tahun tersebut.
 

Word of The Year 2022


Dilansir dari BuzzFeed News, ada 5 kata yang terpilih menjadi Word of The Year dari kamus-kamus terkemuka di dunia. 
 

1. Gaslighting


Kata ini dipilih oleh Merriam-Webster, penerbit kamus online untuk definisi, arti kata, dan pengucapan bahasa inggris.


Menurut kamus Merriam-Webster, gaslighting adalah “the act or practice of grossly misleading someone especially for one’s own advantage.” yang dapat diartikan sebagai tindakan menyesatkan secara kasar untuk keungtungan pribadi.

Kata ini dipilih Merriam-Webster karena pada saat ini kita hidup di era misinformansi dan kata ini mengalami peningkatan pencarian sebesar 1,74 persen. 

Baca Juga: Serunya Jadi Penerjemah Sastra yang Perannya Sering Terlupakan
 

2. Homer


Kata kedua yang terpilih jadi Word of The Year 2022 adalah homer yang dipilih Cambridge Dictionary. Cambridge Dictionary adalah salah satu kamus bahasa Inggris paling populer dan sering digunakan non-speakers. 

Cambridge Dictionary mendefinisikan homer sebagai “an informal American English term for a home run in baseball.” atau diartikan sebagai istilah bahasa Inggris Amerika informal untuk home run dalam bisbol.

Pemilihan kata ini menjadi Word of The Year 2022 didasari ada lebih dari 65.000 pencarian untuk homer pada 5 Mei. Sembilan puluh lima persen pencarian berada di luar Amerika Utara.
 

3. Teal


Kata ketiga yang terpilih adalah teal, dipilih oleh Macquarie Dictionary. Macquarie Dictionary merupakan kamus untuk Australian English atau bahasa Inggris Australia.

Baca Juga: Pandemi, jadi Word of The Year di 2020

Oleh Macquarie Dictionary teal didefinisikan sebagai “an independent political candidate who holds generally ideologically moderate views, but who supports strong action regarding environmental and climate action policies, and the prioritising of integrity in politics.”

Jika diartikan ke bahasa Indonesia berarti kandidat politik independen yang memiliki pandangan moderat secara ideologis, tetapi mendukung tindakan tegas terkait kebijakan tindakan lingkungan dan iklim, serta mengutamakan integritas dalam politik
 

4. Permacrisis


Kata ini dipilih oleh Collins Dictionary, kamus untuk bahasa Inggris yang tersedia secara cetak maupun online. 

Collins Dictionary mendefinisikan permacrisis sebagai “an extended period of instability and insecurity.” atau memiliki arti periode ketidakstabilan dan ketidakamanan yang diperpanjang. 

Kata ini dipilih Collins karena menjadi salah satu dari beberapa kata yang disorot Collins terkait dengan krisis berkelanjutan yang dihadapi Inggris dan dunia, termasuk ketidakstabilan politik, perang di Ukraina, perubahan iklim, dan biaya- krisis hidup.

Baca Juga: Sebenarnya, Bahasa Apa Sih yang Digunakan dalam Game The Sims?
 

5. Goblin Mode


Kata yang terakhir adalah goblin mode, dipilih oleh Oxford Languages, kamus paling terkenal dan menjadi rujukan pembelajaran orang-orang non-speakers.

Goblin Mode didefinisikan Oxford sebagai “a type of behaviour which is unapologetically self-indulgent, lazy, slovenly, or greedy, typical in a way that rejects social norms or expectations.”

Memiliki arti suatu jenis perilaku yang memanjakan diri sendiri, malas, jorok, atau serakah, khas dengan cara yang menolak norma atau harapan sosial.

Istilah ini pertama kali muncul di Twitter pada tahun 2009 tetapi mengalami lonjakan popularitas yang besar pada bulan Februari tahun 2022.

Mana nih kata yang sering kamu pakai di tahun 2022 ini, Be-Emers?

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.