FIFA Hukum Salt Bae, Siapa yang Boleh Pegang Trofi Piala Dunia?

Salt Bae Piala Dunia 2022

Salt Bae Piala Dunia 2022

Like

Piala Dunia 2022 baru saja selesai dilaksanakan di Qatar. Pada perayaan kemenangan ternyata tidak semua orang boleh memegang trofi piala dunia. Lalu siapa saja yang boleh memegang trofi piala dunia?

Final Piala Dunia 2022 yang dilaksanakan pada Minggu 18 Desember 2022 menghasilkan Argentina sebagai pemenangnya dengan skor penalti 4-2. 

Setelah Argentina keluar sebagai pemenang lapangan langsung riuh oleh perayaan kemenangan tim Argentina dan pendukungnya. 

Pemain, officials, hingga keluarga tim Argentina memenuhi lapangan untuk melakukan selebrasi dengan meneriakan yel dan berfoto bersama trofi piala dunia.

Namun ada hal aneh yang terekam saat selebrasi kemenangan kemarin. Salah satu tokoh yang tidak memiliki hubungan dengan kemenangan Argentina bisa masuk ke dalam lapangan, mengajak interaksi pemain Argentina, hingga memegang trofi piala dunia.


Tokoh tersebut adalah Salt Bae. Ia adalah seorang selebriti chef asal Turki yang terkenal dengan gimmick menuangkan garam ke atas daging steak dengan gaya ikonik. 

Dilansir dari Bisnis.com, Salt Bae menuai kontroversi setelah tertangkap memegang trofi Piala Dunia 2022. 

Ia yang turun ke lapangan, sebelumnya mencoba untuk berkomunikasi dengan Lionel Messi. Sayangnya, Messi tak menghiraukan Salt Bae tersebut.

Beralih, Salt Bae kemudian menghampiri beberapa pemain Argentina Lain. Dari rekaman video yang beredar, ia terlihat sengaja memegang trofi Piala Dunia. 

Bahkan terlihat memaksa mengambil trofi tersebut dan menciumnya. Ia juga berpose beberapa kali dengan trofi tersebut.

Baca Juga: Argentina Juara! Berapa Hadiah Pemenang Piala Dunia 2022?

Tindakan Salt Bae mendapat kecaman dari penggemar bola di seluruh dunia karena aturan FIFA tidak memperbolehkan sembarang orang turun ke lapangan ikut selebrasi kemenangan.

Akibatnya, Salt Bae mendapat hukuman karena melanggar aturan FIFA. Di tahun 2026, ia dilarang menghadiri final Piala AS Terbuka. Laga tersebut merupakan kompetisi tersebut Amerika Serikat yang setara dengan Piala FA di Inggris.
 

Siapa Saja yang Boleh Memegang Trofi Piala Dunia?


Trofi piala dunia tidak boleh disentuh, diangkat, apalagi dicium oleh sembarang orang. Padahal menyentuh trofi piala dunia merupakan salah satu hal yang diimpikan setiap orang yang berada di industri sepak bola.

FIFA memiliki aturan yang sangat ketat terkait siapa saja yang boleh memegang trofi piala dunia. Tim yang menang sudah pasti boleh memegang trofi piala dunia. 

Pelatih, officials, dan keluarga dari tim pemenang juga diperbolehkan memegang trofi piala dunia bersama dengan petinggi FIFA. 

Hal ini dilakukan untuk menjaga kesakralan trofi piala dunia yang terbuat dari emas murni. Setelah selebrasi trofi pun akan disimpan kembali oleh FIFA dan tim pemenang akan mendapat replikanya.

Baca Juga: Daftar Pemimpin Dunia yang Hadiri Pembukaan Piala Dunia 2022

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.