Buru-Buru Jual Saham Tech, Donald Trump Kehilangan Jutaan Dollar

Donald Trump. (Foto: Wikimedia)

Donald Trump. (Foto: Wikimedia)

Like

Pengusaha dan investor yang juga mantan presiden Amerika Serikat, Donald Trump, baru-baru ini diketahui mengalami kerugian setelah SPT atau pengembalian pajaknya tersebar.

Donald Trump selama ini selalu mengklaim bahwa dirinya adalah investor dan pengusaha yang cerdik. Apapun yang ia lakukan penuh dengan perhitungan.

Saat ini Donald Trump memiliki bisnis di berbagai lini mulai dari properti hingga fashion. Investasinya juga dilakukan tidak hanya melalui aset berbentuk tapi juga instrumen seperti saham.

Diketahui Donald Trump memiliki saham perusahaan Apple, Microsoft, dan lainnya. Meskipun ia selalu mengklaim dirinya cerdik dan penuh strategi, ada kejadian yang menunjukan sebaliknya.

Tax return atau SPT Donald Trump menunjukan bahwa tindakannya yang menjual saham Apple dan Microsoft terlalu dini berdampak pada kerugian jutaan dolar AS. 
 

Jual Saham Terlalu Dini, Donald Trump Rugi



Seperti yang diberitakan Newsweek, menurut pengembalian pajak 2017, Trump dan istrinya Melania menjual saham di enam perusahaan pada awal 2017, termasuk raksasa teknologi Apple dan Microsoft.

Pasca 2017 saham kedua perusahaan teknologi tersebut naik tajam dan mencapai puncaknya pada 2021-2022. 

Baca Juga: Akan Maju Pilpres AS 2024, Ini Deretan Bisnis Donald Trump

Meskipun kedua perusahaan tersebut valuasinya jatuh baru-baru ini, keduanya masih jauh di atas harga yang dijual Trump.

Kedua saham teknologi itu dibeli oleh Trump pada Oktober 2013, dan keduanya naik secara signifikan. Saham Apple dibeli seharga US$481.505 dan dijual seharga US$833.118, menghasilkan US$351.613, keuntungan sebesar 73 persen. 

Saham Microsoft dibeli seharga US$248.867, dijual pada tahun 2017 seharga US$464.558, dan memberi Trump US$215.691, keuntungan 87 persen.

Jika Trump mempertahankan kedua saham ini maka kedua kepemilikan saham itu akan jauh lebih tinggi.
 

Perhitungan Harga Saat Ini


Investasi sebesar US$481.500 dalam saham Apple pada tahun 2013 jika ditarik dengan nilai sekarang akan bernilai US$4.150.000, menghasilkan laba total sebesar US$3.669.000. 

Jika Trump memegang saham Microsoftnya, sekarang nilainya hanya di bawah US$2 juta. Menjual hari ini, Trump akan menghasilkan pengembalian lebih dari $5 juta.

Ini tidak memperhitungkan harga puncak kedua saham. Keluarga Trump dapat menjual saham Apple seharga sekitar US$5,1 juta pada awal Januari 2022, dan saham Microsoft seharga US$2,5 juta pada November 2021, menghasilkan potensi keuntungan lebih dari US$7 juta setelah dividen diperhitungkan.

Baca Juga: Donald Trump Keluar dari Daftar Orang Terkaya, Kok Bisa?

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.