Sektor Tech Justru Perpanjang Rally Wall Street, Kembali Pulih?

Wall Street. (Ilustrasi: Canva)

Wall Street. (Ilustrasi: Canva)

Like

Di tengah banyaknya perusahaan teknologi yang melakukan layoff, saham dari industri ini justru bounce dan perpanjang rally Wall Street. Apakah ini pertanda baik?

Tech winter yang menimpa perusahaan teknologi membuat banyak perusahaan dari sektor tersebut melakukan layoff.

Dari akhir tahun 2022 hingga awal tahun 2023 masih ada beberapa perusahaan teknologi yang melakukan layoff, terbaru Spotify.

Layoff dilakukan untuk menyesuaikan dengan beban ekonomi perusahaan yang dirasa semakin berat karena pengaruh perekonomian global.

Tapi, pada Senin (23/01) saham teknologi justru naik tajam di Wall Street. Ini berbanding terbalik dengan keadaan perusahaan yang banyak melakukan layoff
 

Saham Teknologi Naik Tajam di Wall Street



Reuters memberitakan bahwa Wall Street ditutup naik tajam pada hari Senin, ini didorong oleh lonjakan saham teknologi. 

Hal tersebut dikarenakan investor memiliki antusiasme baru untuk saham momentum pemimpin pasar yang di tahun lalu tidak berada pada kondisi yang baik.

Baca Juga: Spotify Mau Layoff 6 Persen Karyawannya, Kenapa Lagi?

Investor sangat yakin Federal Reserve akan menerapkan kenaikan suku bunga kecil minggu depan bahkan ketika bank sentral AS tetap berkomitmen untuk menjinakkan siklus inflasi terpanas dalam beberapa dekade.

"(Investor) cukup nyaman bahwa mereka akan melihat kenaikan suku bunga yang lebih rendah dari The Fed, bahwa kami menghindari inflasi dan kenaikan suku bunga," kata Peter Tuz, presiden Chase Investment Counsel di Charlottesville, Virginia. 

"Saham bisa berhasil dengan baik di lingkungan itu, terutama saham dengan pertumbuhan besar yang menggerakkan pasar."

Pasar keuangan memperkirakan kemungkinan 99,9 persen dari kenaikan 25 basis poin ke tingkat target dana Fed pada akhir pertemuan kebijakan moneter mendatang.

Dari 11 sektor utama S&P 500, semuanya kecuali energi (.SPNY) berakhir hijau, dengan saham teknologi (.SPLRCT) menikmati persentase kenaikan terbesar, naik 2,3 persen pada sesi tersebut.

Minggu ini, Microsoft Corp (MSFT.O) dan Tesla Inc, bersama dengan serentetan industri besar termasuk Boeing CO (BA.N), 3M Co (MMM.N), Union Pacific Corp (UNP.N), Dow Inc (DOW.N), dan Northrop Grumman Corp (NOC.N), diperkirakan akan membukukan hasil kuartalan.

Perusahaan software berbasis cloud Salesforce Inc (CRM.N) melonjak 3,1 persen menyusul berita bahwa investor aktivis Elliott Management Corp telah mengambil saham multi-miliar dolar di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Tahun Sial untuk Sektor Teknologi, Para CEO Rugi US$433

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.