Kenalan dengan Flag Football, Olahraga yang Latih Fisik dan Strategi

Flag Football. (Foto: Instagram @jakartaflagfootball)

Flag Football. (Foto: Instagram @jakartaflagfootball)

Like

Semua orang pasti memiliki minat serta hobi yang berbeda-beda. Ada yang hobi menulis, travelling, fotografi, sampai ke olahraga. Nah! Ini dia salah satu contoh olahraga unik yang bisa dijadikan hobi bagi anak muda jaman sekarang, yaitu Flag Football!

Apasih sebenernya Flag Football itu? Flag Football adalah olahraga serapan dari olahraga terkenal Amerika, yakni American Football.

Olahraga ini masuk ke Indonesia pada tahun 2000 - 2001. Pada tahun 2009 terbentuklah sebuah wadah yang menaungi dan menghidupkan kembali olahraga ini yaitu Indonesian Flag Football Association (IFFA).

IFFA dibentuk oleh orang Indonesia yang pernah tinggal dan menggemari olahraga American Football loh!
Sesudah adanya IFFA, olahraga ini berkembang sangat pesat.

Olahraga ini sudah banyak dimainkan di luar Jakarta. Mulai dari Bogor, Bandung, Semarang, Jogja, bahkan sampai Sidoarjo dan Palembang.


Setiap kota mempunyai kompetisi resmi di bawah naungan IFFA. Selain kompetisi di masing - masing daerah, ada juga kompetisi Flag Football yang diadakan antar kampus.
 

Aturan Main Flag Football


Pada dasarnya, Flag Football merupakan versi yang lebih aman daripada American Football. Jika pada olahraga American Football menggunakan helm dan body protector sebagai “pakaian dan syarat lengkapnya”, pada Flag Football tidak perlu menggunakan hal tersebut.

Alasan mengapa pada olahraga American Football setiap pemain harus menggunakan helm dan body protector adalah karena pemain defense harus menghentikan permainan pemain offense untuk mencetak skor dengan cara melakukan tackle; menjatuhkan pemain (disebut down), agar play berhenti.

Baca Juga: Manfaat Rutin Olahraga Ternyata Bikin Mood Stabil, Kok Bisa?

Tetapi, di Flag Football, pemain defense hanya perlu menarik salah satu dari tiga flag yang tergantung pada belt yg dipakai setiap pemain offense, untuk menghentikan permainan.

Oleh sebab itu, olahraga ini dinamakan Flag Football. Pada olahraga Flag Football, skor dicetak dengan cara membawa atau meletakkan bola pada sisi end zone lawan atau dikenal dengan sebutan touchdown.

Perbedaannya dengan American Football adalah, pemain bukan menjatuhkan lawan ke tanah untuk mendapatkan down dan memberhentikan permainan, tetapi tim harus mengambil bendera atau flag belt dari lawan yang membawa bola.

Selain itu, dari segi lapangan, American Football lebih lebar dibanding lapangan Flag Football. Satu hal yang menjadi unik di permainan ini, lebar lapangan dipengaruhi oleh jumlah pemainnya.

Dalam bermain Flag Football ini diperlukan kelincahan, ketangkasan, serta ketepatan. Posisi defense dan offense keduanya memegang peran yang krusial selama permainan berlangsung. 

Selain dibutuhkan kemampuan fisik yang baik, olahraga ini juga memerlukan otak. Setiap pemain didalamnya perlu menciptakan serta merealisasikan strategi kerjasama tim dalam upaya mencetak angka. 

Oleh karena minat dan antusiasme yang besar terhadap olahraga Flag Football, kini di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Jogja, dan Surabaya telah diadakan kompetisi regional antar tim mulai level Minor (SMA sederajat) dan level Major (tingkat universitas - dewasa).

Semakin berkembangnya olahraga ini membuat diadakannya juga liga Flag Football untuk perempuan.
 

Komunitas Flag Football Jakarta


Setelah melewati pandemi di tahun 2022, komunitas Flag Football khusunya di Jakarta kian berkembang pesat. Dengan bantuan sosial media dan fotografi olahraga, antusiasme komunitas bertambah besar hingga mencapai 100 orang yang datang untuk bermain Flag Football setiap minggunya. 

Latihan diadakan setiap minggu,baik untuk laki-laki dan wanita. Ada beberapa sesi, yakni sesi drill dan juga scrimmage.

Baca Juga: Ingin Bentuk Tubuh Jadi Indah? Ikuti 4 Gerakan Olahraga Ini!

Sesi latihan juga tersedia bagi pendatang-pendatang baru yang ingin belajar serta mendalami olahraga Flag Football. Selain itu, terdapat sesi Co-Ed yang adalah latihan gabungan antara laki-laki dan perempuan. 

Sejauh ini terdapat 5 club Flag Football di Jakarta; CFT, Nightwing, Eagles, Bombshell, dan juga Pandas. Dan dengan perjalanan panjangnya, olahraga Flag Football kini semakin dikenal di Indonesia.

Dan lebih menariknya lagi, olahraga ini bisa dimainkan untuk semua kalangan, semua gender, semua 'bentuk badan', dari yg berbadan besar, bertubuh tinggi, kecil, dan lain - lainnya, semua bisa bermain di olahraga Flag Football.

Kalau Be-Emers kepo dengan olahraga ini dan ingin mencari tahu lebih lanjut, salah satu kanal yang bisa memberikan informasi adalah melalui Instagram @jakartaflagfootball.

Buat yang males olahraga, cara ini bisa dicoba karena seru!

Punya opini untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.