Terapkan Tips Ini Biar Nyaman Naik Transportasi Umum di Jakarta!

MRT Jakarta (Foto: Unsplash)

MRT Jakarta (Foto: Unsplash)

Like

Ditengah kemacetan Jakarta yang kerap mengganggu aktivitas sehari-hari, Jakarta memiliki sistem transportasi umum yang bervariasi dan berintegrasi.

Berbagai opsi tersedia untuk mengatasi kemacetan dan menjangkau tujuan warga Jakarta tanpa pusing menghadapi kemacetan, mulai dari angkutan massal hingga taksi dan ojek.
 

Transportasi Umum Jakarta


Opsi transportasi umum yang tersedia di Jakarta antara lain: 
 

1. KRL Commuter Line


Merupakan angkutan massal yang paling efisien dan terjangkau di Jakarta. Terdiri dari beberapa jalur yang menghubungkan pusat kota dengan sekitarnya.
 

2. Transjakarta Bus Rapid Transit (BRT)


Bus yang menggunakan jalur khusus dan memiliki prioritas lalu lintas. Terdapat 13 koridor Transjakarta yang menghubungkan berbagai daerah di Jakarta.
 

3. MRT dan LRT



Merupakan jalur kereta cepat yang baru dioperasikan pada 2019. MRT menghubungkan Lebak Bulus dan Bundaran HI, sedangkan LRT menghubungkan Kelapa Gading dan Velodrome.

Baca Juga: Warga Jakarta, Naik Transportasi Umum ini Bikin Kamu Hemat Ratusan Ribu Lho!
 

4. Angkutan Umum Lain


Mulai dari angkot, taksi, dan ojek online tersedia bagi warga yang ingin mencapai tujuan dengan lebih cepat.

Naik transportasi umum seperti Transjakarta, KRL Commuter Line, MRT atau angkutan umum lainnya bisa menjadi pilihan transportasi yang hemat dan efisien bagi warga Jakarta.

Namun, tidak semua orang menyukai hal ini karena banyak faktor yang membuat mereka merasa tidak nyaman. 
 

Tips Nyaman Naik Transportasi Umum


Berikut adalah 5 tips untuk membantu Be-Emers naik transportasi umum menjadi lebih nyaman. 
 

1. Rencanakan Perjalanan


Pastikan Be-Emers mencari informasi rute dan jadwal transportasi umum sebelum berangkat. Aplikasi seperti Google Maps atau informasi dari media sosial dapat membantu Be-Emers mencari informasi rute yang ter-update.
 

2. Siapkan Kartu Uang Elektronik dengan Saldo yang Cukup


Kartu uang elektronik seperti Jaklingko, flazz, dan E-money atau aplikasi pembayaran mobile dapat membuat pembayaran lebih mudah dan cepat.
 

3. Pakailah Tas yang Nyaman


Bawa tas yang tidak terlalu berat dan tidak membawa tas dengan ukuran besar. Pakailah tas ransel atau tas kecil sehingga saat berdiri di dalam transportasi umum yang sesak tidak mengganggu penumpang lain dan mudah bergerak saat perjalanan. 
 

4. Baca Petunjuk dan Tanda di Sekitar 


Pastikan Be-Emers memahami petunjuk dan tanda yang terdapat di sekitar transportasi umum, seperti lokasi pintu masuk dan keluar. 

Baca Juga: 6 Artis Ini Sering Naik Transportasi Umum. Tiru Gaya Hidup Hematnya!
 

5. Bersikap Sopan dan Tertib di Perjalanan 


Bersikaplah sopan dan menghormati orang lain saat menggunakan transportasi umum. Contohnya mendahulukan orang yang turun dari bus atau gerbong kereta, memberikan tempat duduk pada orang yang membutuhkan kursi prioritas, tidak berisik dan tidak makan atau minum saat di dalam perjalanan.

Dengan mengikuti 5 tips ini, Be-Emers dapat naik transportasi umum dengan mudah dan nyaman.

Ingatlah untuk selalu mematuhi aturan dan petunjuk yang ada saat naik transportasi umum ya Be-Emers!

Punya opini untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.