Trend Mendekorasi Ulang Kamar di Masa Pandemi, Bisa Mengasah Kreativitas Sekaligus Menghasilkan Uang Juga?

Source: Aesthetic Room - Pinterest

Source: Aesthetic Room - Pinterest

Like

Kegiatan apa saja yang sudah kalian lakukan di masa self quarantine ini? Meskipun di rumah aja bukan berarti kita tidak bisa produktif seperti biasanya.Banyak hal yang bisa kita lakukan di masa pandemi ini, selain bekerja secara daring biasanya kebanyakan orang menghabiskan waktunya untuk melakukan hobinya masing-masing seperti membaca buku, mendengarkan musik, bermain game dan lain-lain.

Karena hampir 24 jam kita berdiam diri di rumah dan kebanyakan kita menghabiskan waktu di dalam kamar, tidak ada salahnya kan kita mendekorasi ulang kamar agar terasa lebih nyaman dan tidak membosankan ketika ditempati seharian.Maka dari itu, aku habiskan masa pandemi ini dengan mendekor ulang kamarku.

Memang, trend mendekorasi ulang kamar ini sedang booming di kalangan anak muda.Apalagi semenjak banyaknya drakor atau drama Korea yang menjamur dimana-mana, dan hal inilah yang membuat anak-anak muda merasa terinspirasi untuk mendekorasi ulang kamarnya menjadi terkesan lebih warm sama seperti halnya di film-film Korea.

Adapun tema aesthetic ala-ala inspirasi kamar di Pinterest, biasanya warna-warna yang dipilih adalah warna monochrome yang membuat kamar terkesan lebih luas.

Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mendekorasi Ulang Kamar
1. Sebelum mendekorasi ulang kamar, sebaiknya keluarkan terlebih dahulu semua barang yang ada di dalam kamar sehingga kita bisa lebih leluasa.

2. Menyortir barang-barang, simpan barang-barang yang masih dibutuhkan dan sisanya kita bisa menjualnya di bazaar atau garage sale (untuk barang yang masih layak) dan membuang barang yang sudah tidak layak pakai.
3. Menata ulang tata letak barang dan furnitur agar tampilan kamar terkesan baru dan lebih fresh.
4. Tentukan tema kamar dan mengecat ulang kamar.
5. Menambahkan atau mengganti elemen penerangan di kamar, kalian bisa sesuaikan dengan tema kamar masing-masing contohnya lampu tumblr, lampu gantung, lampu tidur dan lain-lain.
6. Menghias kamar sesuai tema, untuk hiasan kamar kalian bisa membelinya secara online atau membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.Mengasah kreativitas juga bukan?
7. Tambahkan dekorasi tanaman hijau agar tampilan kamar lebih segar, artistik dan terasa hidup seperti  daun rambat plastik, daun monstera, bunga artificial dan lain-lain.

Membuka Pundi-Pundi Rupiah Hanya dengan Mendekorasi Ulang Kamar
Seperti yang dikutip dari bisnis.com (Sebelum Memulai Bisnis Rumahan, Perhatikan Hal Ini) pada dasarnya ada tiga cara menghasilkan uang: menjual barang, menjual keterampilan dan menjual pengetahuan.Setelah memiliki ide yang ingin dikejar, kita perlu meneliti dan membuat rencana untuk menjalankan bisnis rumahan.Langkah terakhir adalah mewujudkan keinginan tersebut dengan kreativitas dan keberanian.

Maka dari itu, selain mengasah kreativitas, dengan mendekorasi ulang kamar juga kita bisa menghasilkan uang loh.
1. Menjual pakaian atau barang bekas yang sudah tak terpakai namun masih layak dipakai secara online.Seperti yang dikutip dari bisnis.com (Mau Memulai Bisnis Toko Barang Bekas? Simak Tipsnya Berikut Ini) kini generasi milenial mulai doyan untuk berbelanja barang bekas atau thrifting.Sehingga, hal ini memiliki peluang besar untuk membuka pundi-pundi rupiah.
2. Memulai bisnis rumahan tanpa modal dengan keterampilan memanfaatkan bahan-bahan yang ada.Contohnya, memanfaatkan sisa-sisa kain atau baju dan membuatnya menjadi bantal, membuat DIY hiasan kamar atau aksesoris menggunakan barang-barang bekas, dan lain-lain.

Di era digital seperti sekarang ini, kita bisa menggunakan platform media sosial atau online marketplace untuk memasarkan produk yang akan kita jual.Menurutku, cara ini cukup mudah dan praktis.Tapi perlu diingat, ada beberapa hal yang tentunya wajib diperhatikan agar pembeli terus berdatangan.Seperti, foto atau video produk yang menarik, promosi melalui iklan di media sosial, dan lain-lain.
 
Referensi:
Sebelum Memulai Bisnis Rumahan, Perhatikan Hal Ini
https://m.bisnis.com/entrepreneur/read/20200713/88/1265231/sebelum-memulai-bisnis-rumahan-perhatikan-hal-ini

Mau Memulai Bisnis Toko Barang Bekas? Simak Tipsnya Berikut Ini
https://m.bisnis.com/entrepreneur/read/20200708/263/1263154/mau-memulai-bisnis-toko-barang-bekas-simak-tipsnya-berikut-ini