300.000 Lebih Botol Starbucks Ditarik karena Diduga Mengandung Kaca!

Starbucks (sumber: Canva)

Starbucks (sumber: Canva)

Like

Siapa yang enggak tau Starbucks? Mendengar merek tersebut, kebayang dong pesanan favorit kalian lagi dibuatin oleh barista yang baik-baik. Tapi nih, 300.000 lebih botol kopi vanilla frappuccino Starbucks di Amerika Serikat harus ditarik dari peredaran karena diduga ada kandungan serpihan kacanya. Wah, gimana ceritanya bisa ada kandungan kaca?

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) melaporkan kalau PepsiCo Inc menarik lebih dari 300.000 botol minuman kopi dingin Vanilla Frappuccino Starbucks.

Penarikan botol-botol itu dilakukan karena dugaan adanya kaca yang ditemukan di beberapa botol varian vanilla frappuccino berukuran 13,7 ons dengan no. UPC 0 12000-81331 3 yang diproduksi pada 28 Januari. Tanggal expirednya yaitu 8 Maret, 29 Mei, 4 dan 10 Juni.

Menurut situs web agensi yang dilansir dari Reuters, Senin (20/2), FDA telah mengklasifikasikan penarikan ini sebagai 'penarikan kelas 2', yang artinya produk bisa menyebabkan konsekuensi kesehatan merugikan sementara atau yang dapat dipulihkan secara medis, atau di mana kemungkinan konsekuensi kesehatan merugikan yang serius sangat kecil.

Baca Juga: Kisah Sukses di Balik Kedai Kopi Starbucks


PepsiCo pun menyatakan produk tersebut lagi di tahap dihapus dari pasar. PepsiCo juga mengimbau konsumen yang sudah terlanjur membeli produk atau punya pertanyaan dan kekhawatiran terhadap isu ini, bisa menghubungi customer service Starbucks.

"Kemitraan Kopi Amerika berkomitmen pada kualitas tingkat tinggi dalam produk yang kami layani. Memberikan pengalaman berkualitas kepada konsumen kami adalah prioritas utama kami dan kami selalu bertindak dengan hati-hati tiap kali muncul potensi kekhawatiran," jelas pernyataan yang diberikan dari PepsiCo.
 

Kok bisa ya produk minuman ada serpihan kacanya?


Jelas, bisa aja, karena serpihan kecil dari bahan kaca atau logam bisa masuk ke dalam minuman selama proses produksi. Karenanya, walau serpihan kaca bersifat halus, tetap saja berbahaya apabila tidak sengaja dikonsumsi.

Baca Juga: Peluang Bisnis Roti Bakar, Mini Starbucks Rasa Lokal!
 

Apa yang terjadi kalau kita menelan serpihan kaca?


Serpihan atau pecahan kaca kecil sangat bisa keluar lewat sistem pencernaan kita tanpa menimbukan bahaya apapun. Kalau potongan besar menembus mulut dan tenggorokan dan melukai kerongkongan, bisa menyebabkan nyeri dada dan pendarahan internal. Namun tetap bisa masuk ke saluran sistem pencernaan.

Di samping itu, serpihan kaca dengan kemurnian 100 persen memang bebas racun, tahan lama, dan bebas dari bahan kimia. Tapi, sifatnya sangat halus dan rentan terhadap kerusakan. Imbasnya, kalau kita menelan serpihan kaca bisa-bisa merusak gigi, mulut, sampai lapisan lunak seluruh saluran sistem pencernaan.

Hmm, kalau ada isu kayak gini, mau enggak mau bikin kita harus selalu aware dan hati-hati dalam mengonsumsi sesuatu ya, Be-emers.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.