7 Tips Keuangan Aman di Saat Pandemi

Sumber : Freepik

Sumber : Freepik

Like

Terhitung dari Bulan Maret yang lalu negeri ini diserang pandemi. Tentunya hal ini nggak pernah kita bayangkan sebelumnya. Banyak masyarakat yang terkena imbas dari pandemi ini khususnya dalam masalah pekerjaan. Ada yang dipotong gaji, dirumahkan sementara, bahkan yang paling bikin sedih adalah kehilangan pekerjaan.

Berkaca dari situlah maka ada baiknya kita harus mulai mengelola keuangan kembali. Memperbaiki pengelolaan keuangan yang biasa kita lakukan dan menyesuaikannya dengan kondisi saat ini. Berikut tips agar kondisi keuangan tetap aman disaat pandemi :

1. Tetapkan Jumlah Pemasukan Saat Ini
Dimasa pandemi ini bukan hal yang nggak mungkin jumlah pemasukan kita akan berubah. Rata-rata jumlah pemasukan kita akan menurun. Maka sangat diperlukan untuk menetapkan jumlah pemasukan kita selama pandemi ini secara pasti. Hal ini sangat penting untuk menentukan langkah apa saja yang harus kita ambil selanjutnya.

2. Catat Pengeluaran
Langkah selanjutnya adalah mencatat pengeluaran. Hal yang perlu kita lakukan adalah menyesuaikan pengeluaran saat ini dengan pemasukan yang kita peroleh. Pastikan jumlah pengeluaran kita tidak melebihi dari jumlah pemasukan. Apa yang harus kita lakukan dalam mencatat pengeluaran? Cobalah untuk membuat daftar belanja bulanan kita, urutkan dari yang paling penting hingga yang kurang penting. Prioritaskan daftar belanjaan yang benar-benar penting untuk kita gunakan, sementara untuk daftar belanjaan yang dirasa kurang penting jika memungkinkan bisa kita tunda dahulu pembeliannya. Perlu diingat juga, saat berbelanja fokuslah pada daftar belanja yang sudah kamu buat untuk menghindari godaan barang-barang diskon yang sebenarnya nggak kita butuhkan.


3. Bayar Tagihan Tepat Waktu
Diantara daftar pengeluaran penting yang sudah kita buat, membayar tagihan tepat waktu harus menjadi prioritas. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari terkena denda dan sebagainya yang malah membuat pengeluaran kita malah semakin bertambah. Dalam membayar tagihan bisa banget kita memilih media pembayaran yang menawarkan promosi potongan harga agar bisa jadi lebih hemat.

4. Bawa Bekal Sendiri dari Rumah
Untuk yang sudah harus mulai beraktivitas diluar rumah seperti bekerja, salah satu cara mematuhi protokol kesehatan adalah dengan membawa alat makan dan minum sendiri dari rumah. Nah biar sekalian berhemat, lebih baik sekaligus membawa bekal makan dan minum sendiri dari rumah, karena selain bisa terjaga dari segi kebersihan dan kesehatan, kita juga bisa jadi lebih menghemat pengeluaran kita. Makanan dan minuman yang sehat nggak harus selalu mahal, cukup bawa bekal makan dan minum yang sederhana namun tetap memperhatikan kandungan gizinya.

5. Persiapkan Dana Darurat dan Tetaplah Menabung
Meski dari segi pemasukan kita bisa dibilang sedang minim saat pandemi ini, tapi ada baiknya kita tetap mempersiapkan dana darurat walau jumlahnya nggak terlalu besar. Karena kita nggak tau apa yang akan terjadi dihari-hari selanjutnya. Menabung juga tetap penting untuk dilakukan dimasa pandemi ini. Cobalah untuk membuat rekening terpisah, kita bisa membuat rekening khusus untuk menabung atau dana darurat dengan rekening khusus untuk pengeluaranmu sehari-hari. Selain itu, memilih jenis rekening tabungan juga harus diperhatikan. Memilih rekening tabungan dengan biaya admin rendah atau bahkan tanpa biaya admin sama sekali bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena biaya admin termasuk biaya yang terlihat sedikit namun jika dijumlahkan akan menjadi nilai yang lumayan juga. Sayang banget kan!

6. Buka Peluang Bisnis dari Rumah
Menurunnya pemasukan dimasa pandemi ini sebenernya bisa jadi bikin kita lebih kreatif termasuk dalam mencari pemasukan tambahan. Membuka peluang bisnis dari rumah bisa jadi alternatif pilihan yang tepat. Mulailah dari hal-hal kecil yang bisa lakukan tapi tetap menghasilkan pundi-pundi rupiah seperti menjual makanan kecil, kerajinan tangan, dan lain-lain. Gimana cara jualannya? Berjualan melalui media online bisa menjadi solusi mudah dan murah untuk memulai peluang bisnis kita.

7. Tetaplah Beramal
Nggak bisa dipungkiri kondisi keuangan kita dimasa pandemi ini mungkin sedang menurun. Tapi hal tersebut nggak bisa kita jadikan alasan untuk berhenti beramal. Tetaplah beramal, tetaplah berbuat baik dan membantu sesama sebisa yang kita lakukan. Karena dengan membantu sesama sebenarnya nggak akan mengurangi jumlah harta kita, bisa jadi dikemudian hari akan digantikan dengan nilai yang jauh lebih besar dari yang kita kira.

Nah, itu dia tujuh tips agar kondisi keuangan kita tetap aman dimasa pandemi ini. Jangan lupa juga berdoa semoga pandemi ini segera berakhir agar kita bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala. Tetap semangat untuk terus bangkit dari masa-masa sulit ini.