Mereka yang Kreatif di Masa Pandemi

Bangkit di masa pandemi dengan lebih kreatif. (sumber: Aruna dan Enase)

Bangkit di masa pandemi dengan lebih kreatif. (sumber: Aruna dan Enase)

Like

Situasi dan kondisi sekarang ini tidak pernah kita duga sama sekali. Hingga berbulan-bulan kita mengalami keterbatasan gerak dan langkah keluar rumah. Namun untuk beberapa tokoh wanita yang akan saya tuliskan di sini, pandemi Covid 19 tidak menyurutkan tekad mereka untuk terus bergerak dan berkarya. Bahkan masa karantina membuat jiwa kreativitas mereka semakin meningkat.

Berikut ini 3 sosok wanita hebat di sekitar saya yang mempunyai kreatifitas tanpa batas yang menginspirasi saya untuk berwirausaha.

1. Giri Sulastri

Saya selalu memanggilnya Teh Giri. Wanita asal Cimahi ini memulai usaha kue kering sejak 2015 lalu. Saya mengenal beliau memang seorang yang kreatif dan tekun. Awal mula beliau mengawali usaha di bidang kuliner ini bermula dari keinginannya untuk bisa tetap produktif walaupun mengerjakan semuanya dari rumah sambil ngurus anak.

Uniknya, usaha kue kering ini beliau jadikan sarana refresing dari rutinitas sehari-hari. Wow banget ya, sementara wanita lain memilih refreshingnya ke salon atau ngopi cantik, beliau justru membuat kue kering yang berbuah menghasilkan pundi-pundi.


“Sekaligus juga menyalurkan hobi,” kata teh Giri.

Teh Giri mengaku bahwa pemasarannya lewat online. Kue kering dengan brand ENASE ini sudah memiliki banyak penggemar yang repeat order, lho.

 

bisnis kue kering di masa pandemi

bisnis kue kering di masa pandemi


Pada saat pandemi ini, kita tahu semua kena imbasnya. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat Teh Giri untuk terus produktif dan berinovasi. Berbarengan dengan pandemi, tanpa sengaja Teh Giri mengeluarkan produk lama "Kue Kacang". Beliau “hanya” memperbaharui packaging & diformat ulang sistem penjualannya. Bahkan di awal pandemi, omsetnya malah naik, penjualan meningkat.

“Alhamdulillah respon pasar cukup baik walaupun di tengah pandemi.” Imbuhnya.

Saya pun penasaran bagaimana beliau bertahan dan bangkit dari pandemi.

“Tetap optimis, terus bergerak dan jangan berhenti berinovasi. Rizki sudah ada yang mengatur, justru kalau kita berhenti dan tidak mau lagi berikhtiar, gimana rizki itu akan datang?”


2. Yuliana Fitri

Seorang designer sekaligus pemilik ARUNA Creative. ARUNA adalah Salah satu Brand Fashion yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Menjadi salah satu Co Branding dari Darah Istimewa Yogyakarta, Aruna hadir dan tampil sebagai sebuah Ciri Khas dari sebuah Budaya.

ARUNA diciptakan sebagai Wujud kecintaan terhadap Kain Nusantara berupa Tenun dan Batik. Dengan didasarkan rasa cinta terhadap Produk Karya Bangsa sendiri, Aruna dihadirkan dengan Fashion Design Etnik Modern agar masuk dalam Pasar Era Globalisasi.

 

masker, salah satu must have item saat pandemi

masker, salah satu must have item saat pandemi


Pada saat pandemi ini, mbak Yuliana Fitri ( mbak Uli ) mengeluarkan produk khususnya masker yang tidak hanya berfungsi sebagai pelindung diri, namun masker rancangan mbak Uli ini fashionable banget. Kini masker adalah must have item dan wajib dipakai saat keluar rumah. Sudah ribuan masker diproduksi dan didistribusikan ke penjuru tanah air.

Kiat bangkit dari mbak Uli:

Jangan berhenti berkarya, terus bergerak tanpa menjatuhkan (orang lain) dan berkolaborasi apik. Menghargai setiap proses peralihan fase dari Normal Pandemi ke New Normal. InsyaAllah semua baik-baik saja.


3. Mbak Har

Beliau lebih suka dipanggil dan dikenal dengan nama itu. Seorang ibu rumah tangga yang tinggal tak jauh dari tempat tinggal saya. Saya salut dengan kerja keras beliau pada saat pandemi ini. Pada masa karantina beberapa bulan ini, beliau berhasil menciptakan sebuah produk yang unik yaitu Abon Ikan.

Abon ikannya ini spesial karena dimasak memakai gerabah (alat masak dari tanah liat) serta tidak memakai minyak maupun santan. Rasa yang lezat cocok banget untuk lauk nasi hangat. Karena rasanya ini lah, produknya semakin hari semakin banyak yang repeat order. Bahkan resellernya pun terus bertambah.

Kiat bangkit dari pandemi menurut mbak Har yaitu:

Terus bekerja, gali ide-ide bisnis, lalu lakukan. InsyaAllah akan ketemu jalannya.


Usaha itu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh secara konsisten dan fokus. Ambil peluang selagi kita dalam posisi semangat dan lebih baik usaha yang dilakukan jangan dijadikan beban.