Kontribusi untuk Bumi dari Buangdisini, Start Up Berbasis SDGs

Startup Anak Milenial: Buang Disini (sumber gambar:instagram/buangdisini.id)

Startup Anak Milenial: Buang Disini (sumber gambar:instagram/buangdisini.id)

Like

Semakin banyak masyarakat Indonesia yang peduli akan kelestarian lingkungan, ditandai dengan banyak komunitas pecinta lingkungan yang berdiri. Bahkan kini muncul startup dengan fokus pada lingkungan. Apa itu?

Indonesia memiliki potensi besar untuk pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Namun, seperti banyak negara berkembang, Indonesia menghadapi berbagai tantangan sosial, lingkungan, dan ekonomi.

Untuk mengatasi masalah ini, PBB telah menetapkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) - seperangkat 17 tujuan global yang dirancang sebagai "blueprint to achieve a better and more sustainable future for all."

Kabar baiknya, masa depan Indonesia ada di tangan generasi mudanya yang memiliki kekuatan untuk memberi dampak signifikan bagi komunitas dan negara  dengan memulai bisnis mereka sendiri yang selaras dengan SDGs. Seperti, salah satu satu start-up karya anak bangsa yang bergerak dibidang smart waste management.
 

Buangdisini, Startup Berfokus pada Lingkungan

 

sumber gambar:website/buangdisini

(sumber gambar: website/buangdisini.com)

Buangdisini lahir dari kepedulian para pendiri terhadap lingkungan atas meningkatnya jumlah sampah yang cukup membludak.

Startup ini fokus di bidang waste management dengan melakukan colecting dan processing sampah, melaksanakan yang namanya circular economy,” ujar Chief Marketing Officer (CMO) Buangdisini, Konshika Amanai Koeswara.


Misi dari startup ini, untuk mengakhiri permasalahan sampah di Indonesia dengan mengembangkan ekosistem manajemen persampahan sehingga menciptakan kota yang bersih dan berkelanjutan.

Baca Juga: Benjamin Ortega: Bule Perancis Membersihkan Sampah Gunung Rinjani

Yuk mengenal lebih dekat bersama Buangdisini!

1. Startup yang menawarkan solusi digital dengan membawa visibilitas dalam pengelolaan dan daur sampah umtuk mendukung kemajuan digitalisasi dikalangan masyarakat. 

Aplikasi Buang Disini (sumber gambar: website/buangdisini.com)

Aplikasi Buangdisini (sumber gambar: website/buangdisini.com)

Buangdisini menawarkan berbagai layanan untuk membantu masyarakat mengelola sampah mereka dengan lebih efektif. Salah satu layanan mereka yang paling populer adalah program pengumpulan sampah mereka, yang melibatkan penggunaan tempat sampah pintar dilengkapi dengan sensor yang terhubung ke database pusat.  

Baca Juga: 5 Cara Kurangi Sampah Selama di Rumah

2. Pendekatan inovatif Buangdisini dalam pengelolaan sampah telah mendapatkan pengakuan dan dukungan dari masyarakat setempat dan sekitarnya. Mereka telah menerima dana dari investor dan hibah dari organisasi yang mendukung pembangunan berkelanjutan dan pelestarian lingkungan.
 

(sumber gambar:website/buangdisini.com)

(sumber gambar:website/buangdisini.com)

Buang Disini menjadi contoh yang cemerlang bagaimana anak muda dapat mengambil tindakan untuk mengatasi tantangan lingkungan di komunitas mereka.

Komitmen mereka terhadap keberlanjutan dan pendekatan inovatif mereka terhadap pengelolaan limbah sangat menginspirasi dan memiliki potensi untuk menciptakan dampak jangka panjang terhadap lingkungan dan kesejahteraan generasi mendatang. Next Your Turn!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.