Uniknya Tradisi Lebaran di Negara Ini Bikin Ingin Berkunjung!

Tradisi lebaran (Foto: Canva)

Tradisi lebaran (Foto: Canva)

Like

Lebaran telah usai nih Be-emers! Siapa yang mudik? Kalau di Indonesia tradisi lebaran adalah mudik, di negara-negara ini tradisi lebarannya enggak kalah unik lho.

Indonesia enggak jadi satu-satunya negara yang punya tradisi lebaran. Meskipun negara-negara lain penduduk muslimnya enggak sebanyak Indonesia, mereka juga merayakan Idul Fitri dengan caranya masing-masing.

Hanya saja mungkin tidak semeriah negara islam seperti Indonesia atau Arab Saudi. Pastinya momen Idul Fitri menjadi hari kemenangan bagi umat islam.


Tradisi Lebaran Unik di Negara Lain


Selain Indonesia, bagaimana tradisi lebaran di negara lain?

Baca Juga: Libur Lebaran Ngapain? Yuk, Nonton Film Biopik Buya Hamka Aja!


1. Singapura



Sebagai tetangga dekat Indonesia, sebagian warga Singapura masih satu rumpun dengan Indonesia. Mereka punya pemukiman tertua di Singapura yang bernama Geylang Serai. 

Saat Idul Fitri akan ada perayaan dengan cahaya warna-warni yang menerangi area Geylang Serai. Wilayah ini juga menjadi pusat perayaan Idul Fitri bagi umat muslim di Singapura.


2. Maroko


Sebagian besar warga Maroko adalah umat muslim. Perayaan Idul Fitri di Maroko menjadi unik karena penuh dengan acara makan-makan. 

Orang Maroko biasanya akan langsung mengadakan acara makan-makan sederhana setelah salat Ied. Hidangannya berupa daging domba, kus-kus, dan plum yang disajikan sepanjang hari.


3. New Zealand


Di New Zealand juga ada perayaan Idul Fitri. Setelah melakukan salat Ied, umat muslim di New Zealand mengunjungi festival di Eden Park.

Penampilannya berbagai macam karnaval termasuk banteng mekanik, foosball manusia, dan berbagai pedagang makanan menjual makanan lezat dari seluruh wilayah.

Baca Juga: Makeup Anti Ribet untuk Lebaran, Pakai 5 Brand Lokal Ini


4. Turki


Tradisi lebaran di Turki ternyata sama seperti di Indonesia, yaitu mudik ke berbagai provinsi untuk mengunjungi sanak saudara selama libur lebaran.

Enggak hanya mudik, yang menjadikan unik masyarakat Turki akan menghabiskan hari kedua dan ketiga lebaran untuk makan-makan di tepi laut.


5. Islandia


Islandia adalah negara yang tidak banyak mendapatkan sinar matahari. Sehingga waktu puasa di Islandia jauh lebih lama dari negara-negara lainnya. Kemeriahan Idulfitri berlangsung meriah di beberapa masjid di Reykjavik

Umat muslim yang datang ke sana biasanya membawa makanan yang terinspirasi dari masakan Indonesia, Mesir, dan Eritrea untuk merayakan hari kemenangannya.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.