7 Tips Mengatasi Princess Syndrome Berlebihan!

Princess syndrome (sumber gambar: freepik)

Princess syndrome (sumber gambar: freepik)

Like

Halo Be-emers! Pernah merasa harus selalu diistimewakan layaknya seorang putri atau princess? Bisa jadi itu Princess Syndrome. Awas, jangan sampai berlebihan! Ini cara mengatasinya.

Kita pasti sudah pernah mendengar tentang Princess Syndrome, yaitu kondisi di mana seseorang merasa dirinya seperti seorang putri yang harus diperlakukan dengan istimewa dan mendapatkan perlakuan khusus dari orang lain.

Kondisi ini umumnya terjadi pada wanita, tapi sebenarnya bisa juga terjadi pada pria. Princess Syndrome biasanya timbul karena pengasuhan yang berlebihan atau perlakuan istimewa yang diberikan oleh keluarga atau lingkungan sekitar.

Akibatnya, seseorang dengan Princess Syndrome cenderung merasa entitled, menganggap dirinya lebih penting daripada orang lain, dan mengharapkan perhatian dan pelayanan yang berlebihan.

Namun, Princess Syndrome bukanlah kondisi yang sehat dan bisa mengganggu hubungan dengan orang lain. Untuk itu, kita perlu mengatasinya.


Cara Mengatasi Princess Syndrome



Berikut beberapa cara untuk mengatasi Princess Syndrome

Baca Juga: Apa Itu Stiff Person Syndrome yang Diderita Celine Dion?


1. Mengenali dan mengakui bahwa Princess Syndrome adalah masalah


Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyadari bahwa Princess Syndrome adalah masalah yang perlu diatasi. Kita harus mengakui bahwa tidak semua orang harus memperlakukan kita dengan istimewa atau memberikan perhatian khusus.


2. Menerima kenyataan bahwa kita tidak selalu mendapatkan apa yang kita inginkan


Kita harus belajar menerima kenyataan bahwa hidup tidak selalu sesuai dengan yang kita inginkan. Kita harus belajar merelakan beberapa hal dan tidak selalu mengharapkan perlakuan khusus dari orang lain.


3. Jangan terlalu memanjakan diri sendiri


Kita semua menyukai kenyamanan, tapi terlalu banyak memanjakan diri sendiri dapat membuat kita terjebak dalam sikap Princess Syndrome. Cobalah untuk mengatur diri sendiri dengan lebih disiplin dan menghindari membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.


4. Mempertimbangkan perspektif orang lain


Kita harus belajar memahami perspektif orang lain dan tidak selalu berfokus pada diri sendiri. Kita harus belajar memperlakukan orang lain dengan hormat dan menghargai perasaan mereka.


5. Belajar untuk mandiri dan bertanggung jawab atas diri sendiri


Kita harus belajar mandiri dan bertanggung jawab atas diri sendiri. Kita tidak selalu bisa bergantung pada orang lain untuk memenuhi kebutuhan kita. Kita harus belajar mandiri dan mengatasi masalah kita sendiri.

Baca Juga: Sering Pura-Pura Bahagia? Bisa Jadi Kamu Kena Duck Syndrome!


6. Menghargai kerja keras dan usaha


Kita harus belajar menghargai kerja keras dan usaha yang dilakukan oleh orang lain. Kita tidak selalu bisa mendapatkan apa yang kita inginkan dengan mudah. Kita harus belajar untuk bekerja keras dan menghargai usaha orang lain.


7. Ajak orang lain memberikan feedback


Terakhir, tapi tidak kalah penting, ajaklah orang-orang di sekitar kita untuk memberikan feedback. Mereka mungkin bisa memberikan pandangan yang berbeda dan membantu kita melihat sikap kita dari sudut pandang yang berbeda.

Nah, itu dia beberapa cara untuk mengatasi Princess Syndrome. Kita harus belajar untuk merendahkan hati dan memperlakukan orang lain dengan hormat.

Kita juga harus belajar mandiri dan bertanggung jawab atas diri sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, Be-emers!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.