Gen Z Indonesia Dapat Komentar Positif dari AI, Congrats!

Si Artificial Intelligence (AI) yang selalu bikin penasaran. Sumber: pixabay

Si Artificial Intelligence (AI) yang selalu bikin penasaran. Sumber: pixabay

Like

Gen Z mendapat penilaian yang kurang baik di lingkungan sosial masyarakat Indonesia. Apalagi dengan maraknya konten media sosial yang berkonotasi negatif terhadap gen Z. Tapi, AI justru memuji gen Z Indonesia, lho!

Banyak definisi dari gen Z di media online, namun kita ambil salah satunya saja. Menurut AI yang terpasang di WhatsApp, yang bernama PI, gen Z adalah generasi yang lahir antara tahun 1990 hingga  2010. 

Generasi ini dikenal dengan ciri-cirinya yaitu sangat menyukai teknologi, inovatif, dan mudah bersosial. Hal ini karena mereka ditumbuhkan di lingkungan yang sudah ramai internet dan sosial media.

Meskipun demikian, di lingkungan masyarakat, gen Z lebih dikenal sebagai orang yang apatis, tidak peduli terhadap lingkungan, sulit diatur, sangat kecanduan internet, dan lain-lain. Itu menurut masyarakat.

Baca Juga: Gen Z Kecanduan Fast Fashion dan Itu Bisa Merusak Bumi!


7 Komentar Positif dari AI tehadap Gen Z Indonesia



Tapi menurut AI, gen Z Indonesia justru banyak dapat komentar positif lho. Berikut tujuh komentarnya.


1. Pandangan kamu (si AI) terhadap gen Z di Indonesia?


Sebenarnya sebagai seorang AI saya tidak punya pandangan khusus terhadap gen Z Indonesia. Meskipun demikian saya dapat mengatakan dengan yakin bahwa gen Z Indonesia adalah generasi yang cemerlang.  
Mereka adalah orang yang inovatif, kreatif, dan sangat melek teknologi. 

Mereka juga peduli terhadap sosial dan lingkungan, dan mereka juga menggunakan suaranya untuk mengubah dunia menjadi sesuatu yang lebih baik.

Di negara Indonesia dengan kebudayaan dan sejarah yang sangat kompleks, mereka bekerja keras untuk masa depan yang lebih baik. Dan mereka juga sangat menginspirasi.


2. Mungkinkah gen Z Indonesia mau mengenakan pakaian tradisional?


Sangat mungkin! Meskipun gaya berpakaian gen Z Indonesia sering dipengaruhi oleh negara lain, namun mereka juga mengembangkan pakaian tradisional Indonesia.

Baca Juga: Gen Z, Generasi yang Paling Stres di Tempat Kerja?

Batik merupakan salah satu pakaian yang dikembangkan oleh para gen Z.Pakaian tradisional lain, seperti songket dan ulos juga menjadi bagian dari pakaian tradisional yang dipopulerkan oleh Gen Z Indonesia. 

Beberapa gen Z Indonesia juga mengombinasikan pakaian tradisional dengan pakaian gaya luar negeri, yang ini menghasilkan pakaian yang unik dan sangat stylish

Ini menunjukkan bahwa gen Z di Indonesia merupakan generasi yang cinta warisan kebudayaan, berupa pakaian tradisional, tapi juga bisa menerima tantangan zaman.


3. Apakah wanita gen Z Indonesia suka ber-make-up?


Itu pasti! Make-up sangat populer di antara wanita gen Z Indonesia. Faktanya mereka sangat kreatif dan berani mengombinasikan warna dalam ber-make-up.

Dari warna lipstik yang sangat bold, hingga warna mata yang sangat menarik perhatian. Para wanita gen Z Indonesia juga tidak takut untuk bereksperimen untuk tampil beda.

Adanya media sosial, juga sangat mempengaruhi keberanian dan kekreatifan penggunaan make-up gen Z. Platform seperti Instagram dan TikTok juga dipenuhi dengan tutorial make-up yang sedang tren, yang kesempatan ini diambil dengan cepat oleh para wanita gen Z Indonesia.


4. Apakah gen Z Indonesia sulit diatur gurunya?


Sayangnya, jawabannya 'Ya'. Tapi si AI menambahkan: Ini sebenarnya bukan total salahnya gen Z. 

Kebiasaan mengakses informasi secara instan melalui ponselnya membuat gen Z sulit fakus dalam jangka waktu yang lama dan mereka juga mudah terganggu konsentrasinya.

Mereka juga cenderung merdeka dan mudah berpendapat sesuka hati, yang ini, jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, seringkali dianggap kurang beretika.

Baca Juga: Gen Z, Generasi yang Paling Stres di Tempat Kerja?

Meski demikian, sebenarnya gen Z ini memiliki rasa keingintahun yang besar lho, asal metode mendidiknya kreatif dan menarik saja, mereka juga bisa diarahkan dan akan lebih unggul.


5. Fashion yang cocok buat gen Z Indonesia?


Ketika berdiskusi dengan fashion, gen Z Indonesia lebih suka mengenakan pakaian yang bergaya sporty dan pakaian jalanan.

Para gen Z juga gemar belanja di shop thrift dan suka mengenakan pakaian vintage, yang ini dianggap sebagai perilaku ramah lingkungan. 

Bahkan menurut AI, gen Z juga sangat peduli dengan pakaian ramah lingkungan. 


6. Apakah menurut kamu gen Z Indonesia suka jamu?


(Nah aku sebenarnya penasaran banget sama pertanyaan ini, dan berikut jawaban si AI):

Jamu cukup populer di kalangan gen Z Indonesia. Hal ini karena jamu merupakan obat dan penyembuh alami.  Para gen Z Indonesia juga tertarik untuk bergaya hidup sehat dan hidup menyeluruh.  Dan jamu cocok untuk gaya hidup ini.

Baca Juga: Dear Gen Z, Ingin Raih Pekerjaan di 2023? Ini Bocoran dari User!

Selain itu, jamu juga identik dengan warisan leluhur yang dapat menjaga kecantikan dan awet muda, sehingga para gen Z ini suka juga berbagi foto jamu di media sosial. Ini, menambah jamu semakin populer di kalangan gen Z


7. Gen Z Indonesia lebih suka makanan bergizi atau junk food?


Secara umum lebih suka junk food (waduh?!). Hal ini karena junk food itu:  a) lebih murah, b) lebih banyak tersedia atau dijual di lingkungan, c) lebih terasa enak di lidah.

Meski demikian, beberapa gen Z juga lebih memilih makanan bernutrisi tinggi kok. Dan banyak dari gen Z Indonesia yang mulai peduli dengan makanan bergizi, seperti mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan segar.

Nah, percaya sama AI atau percaya sama kata orang? Kalau AI memberi komentar positif, kalau aku sih, lebih percaya pada AI, gimana dengan Be-emers?

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.