Ini Cara Menghasilkan Cuan dengan Menulis di Platform Online!

Sumber gambar: pinterest

Sumber gambar: pinterest

Like

Pasti sudah tidak asing lagi bukan, dengan aplikasi menulis online? Bisnis Muda menjadi satu di antaranya. Ada banyak aplikasi menulis online untuk menulis cerita panjang seperti novel. Ternyata apliasi ini memberikan benefit bagi para author novel.

Nah, dengan menjadikan menulis sebagai hobi sekaligus pekerjaan, bisa membawa keuntungan untuk kita loh! 

Why? Karena pihak aplikasi dari beberapa platform yang disebutkan di atas, bisa menjamin keuntungan bagi penulis yang tulisannya layak untuk diapresiasi. Yaitu, dengan memberikan keuntungan berupa uang. 

Selain mendapatkan keuntungan berupa money, penulis yang tulisannya memang pants untuk di apresiasi, tak jarang sampai diadaptasi menjadi film pendek, serial FTV, dan masih banyak lagi. Tentu ini membawa keuntungan double bagi penulis atau author dong! 

Baca Juga: Jarang Ada yang Tahu, Ini Manfaat Menulis untuk Kesehatan


Wah... gimana menurut Be-emers? Menggiurkan, kan?



Lalu, bagaimana sih caranya supaya kita bisa menjadi salah satu penulis yang bisa mendapatkan benefit itu?

Caranya mudah sekali Be-emers. Cukup sobat download aplikasinya di platform yang tersedia. Sobat bisa download salah satu aplikasi dulu saja ya. Apalagi kalau Be-emers masih pemula untuk menjadi seorang penulis novel. Jadi, disarankan untuk fokus pada satu aplikasi menulis dulu.

Setelah itu, Be-emers bisa buat akun dan mulai untuk rutin membaca novel atau karya-karya dari para author famous. Dengan begitu, sobat akan menjadi kaya kosakata sehingga mudah membuat jalan cerita novel yang sesuai dengan apa yang diinginkan. ]

Alhasil, pembaca pun akan puas dengan sajian karya dari novel yang kamu buat!


Bagaimana sih sistem menulis di aplikasi online itu? 


Oke, jadi di aplikasi menulis online ini tentu ada sistem kontrak karya ya. Ya kali, kamu mau untung tapi enggak mau ditahan karyanya? Kalau mau cuan, ya harus siap ambil risiko. 

Baca Juga: Ingin Menang Lomba Menulis? Coba Lakukan Langkah Ini!

Sistem kontrak di sini, kamu harus siap kalau karya kamu di ambil alih oleh pihak instansi terkait. So, itu tetap karya kamu. Bedanya, jadi hak milik instansi, bukan sepenuhnya milik kamu lagi.

Kasarnya, kamu menulis itu menjual tulisan kamu. Jadi, cuan itu ada karena hasil jualan dari tulisan kamu.

Tetapi, lagi-lagi itu kembali ke Be-emers mau ambil kontrak eksklusif atau non eksklusif. Bedanya dimana?


Perbedaan Kontrak Eksklusif dan Non Eksklusif


Bedanya, kalau kontrak non eksklusif, karya kamu masih bisa mejeng di berbagai platform menulis lainnya. Tapi, keuntungan tetap standar sesuai dengan kontrak yang kamu pilih.

Ibarat, kamu kerja jualan 10 hari dengan 5 hari, pasti tahu perbandingan pendapatannya kan?

Nah, kurang lebih begitulah kira-kira seputar kontrak tulisan di platform menulis online.

Tunggu apa lagi? Mulailah menulis dari sekarang! Karena dengan menulis, kita akan abadi bersama tulisan-tulisan kita.

Selamat mencoba! Tapi, lebih baik belajar menulis tulisan-tulisan singkat dulu Bisnis Muda sebelum menulis novel panjang di aplikasi lainnya!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.