Skin Barrier Kamu Rusak? Ini Cara Terbaik Mengatasinya

Skin barrier rusak memang bisa bikin banyak masalah kulit datang (Foto: Canva)

Skin barrier rusak memang bisa bikin banyak masalah kulit datang (Foto: Canva)

Like

Kulit terdiri dari beberapa lapisan yang menjadi pelindung lapisan-lapisan dan organ di dalamnya. Di lapisan paling atas ada pelindung yang sering disebut skin barrier. Kalau sudah rusak, akan ada banyak masalah kulit yang menghampiri.

Bagian kulit yang terlihat oleh mata kita adalah lapisan terluar yang juga berfungsi sebagai pelindung. Nah, di dalam bagian kulit terluar yang terlihat mata ada bagian pelindung yang disebut skin barrier.

Skin barrier terdiri dari sel-sel kulit yang keras, protein, dan asam lemak. Komponen tersebut berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit serta melindungi kulit dari radikal bebas, kuman, zat kimia berbahaya, dan paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

Keadaan skin barrier setiap orang berbeda-beda, apalagi dengan gaya hidup dan produk-produk yang dipakai. Semakin keras gaya hidup dan produk yang dipakai, skin barrier akan semakin rentan rusak. 

Baca Juga: 3 Tahapan Skincare yang Memperkuat Skin Barrier 


Kalau sudah rusak maka kulit akan lebih mudah berjerawat, kemerahan, kering, dan banyak masalah kulit lainnya.


Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak


1. Reapply Sunscreen


Saat ini hampir semua orang sudah sadar penggunaan sunscreen, apalagi ketika beraktivitas di luar ruangan. Namun, yang masih tidak dianggap penting oleh banyak orang adalah soal reapply sunscreen.

Saat skin barrier rusak maka kulit akan gampang kemerahan karena produksi melanin berlebih, maka dari itu penting sekali untuk menggunakan sunscreen dan reapply setiap 2 jam sekali. Ini akan membantu melindungi kulit.


2. Stop Eksfoliasi


Saat skin barrier rusak, kulit berada dalam keadaan yang sangat rentan dan butuh waktu untuk pulih. Artinya jangan sampai kulit terkena gesekan karena dapat melukai dan memperburuk keadaan skin barrier.

Baiknya saatnya kulit sedang gatal dan kemerahan memang mengurangi atau bahkan stop eksfoliasi dan cukup untuk mencuci wajah saja.

Baca Juga: Ternyata Retinol Juga Bisa Atasi Rambut Rontok, Intip Caranya di Sini!


3. Mandi Air Dingin


Sadar atau tidak mandi dengan air terlalu panas atau terlalu sering menggunakan air panas dapat mengikis lapisan minyak alami pada skin barrier. Lapisan ini berfungsi untuk menahan air dalam kulit sehingga tetap lembab.

Maka dari itu saat skin barrier sedang rusak lebih baik tidak mandi menggunakan air panas atau kurangi suhunya menjadi suam-suam kuku saja. 


4. Gunakan Skincare Gentle


Saat skin barrier rusak, kulit sedang dalam keadaan yang kering kekurangan air. Keadaan ini membuat kulit gampang rusak, berjerawat, hingga terjadi hiperpigmentasi. Maka dari itu penting untuk mengembalikan kulit ke keadaan semula.

Mengembalikan kulit ke keadaan semula salah satunya dengan menggunakan skincare yang gentle agar tidak terlalu berdampak buruk pada kulit. Skincare yang gentle akan membantu menenangkan kulit. 

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.