Seoul National University (SNU): Kampus Bergengsi Korea Selatan yang Menaklukan Variety Show University War

Peserta University War, Tim Perwaklian SNU (sumber gambar: SNU Boys University War (Twitter.com/kdrama_menfess))

Peserta University War, Tim Perwaklian SNU (sumber gambar: SNU Boys University War (Twitter.com/kdrama_menfess))


Seoul National University (SNU) jadi topik yang lagi ramai diperbincangkan oleh netizen. Hal ini, karena kemenangan SNU di Variety Show University War.

Di mana kebanyakan dari kemenangan ronde permainan didominasi oleh para mahasiswa SNU. Ngga heran, sebab komposisi timnya diisi oleh orang-orang berbakat.

Mulai dari Jeong Hyun Bin yang mendapatkan nilai CSAT sempurna. Hingga lolos di jurusan kedokteran SNU. Jeong Do Hyun si-maknae yang ahli strategi.

Seluruh perwakilan SNU merupakan murid yang nyaris "sempurna" secara akademis. Variety show ini menunjukkan bahwa Seoul National University (SNU)  adalah universitas dengan reputasi yang sangat tinggi.

Baca Juga Siapa Berani Main Squid Game Real Life? Sini Ikutan!

Lulusan SNU dan Prospek Karirnya!

SNU memiliki peringkat dan reputasi yang tidak perlu dipertanyakan lagi, di mana kampus ini menyandang gelar sebagai universitas terbaik di Korea.


Lulusannya mendominasi hampir semua sektor mulai dari, politik, bisnis, akademisi, dan seni.  "Ketika saya diterima, hal pertama yang saya pikirkan adalah bahwa pekerjaan saya sudah selesai," kata seorang mahasiswa SNU, yang tidak ingin disebutkan namanya.

"Orang tua dan guru saya selalu mengatakan kepada saya bahwa begitu saya masuk, saya akan mendapatkan tiket gratis untuk hidup. Tentu saja saya menemukan bahwa itu tidak benar, tetapi itulah yang diberitahukan kepada saya."

Menurut laporan Job Korea (sebuah platform informasi ketenagakerjaan) di tahun 2020, SNU menempati tingkat employability sebesar 70%. Angka ini merupakan salah satu yang tertinggi di Korea.

Masyarakat Korea cenderung memiliki bias dan favoritisme terhadap mahawasiswa maupun lulusan SNU. 

Studi yang dilakukan oleh Korean Educational Development Institute (KEDI), di tahun 2012 yang mengukur efek "prestise universitas" terhadap gaji yang diterima oleh para lulusannya, menemukan bahwa efek prestise SNU menghasilkan gaji yang 12% lebih tinggi dibandingkan universitas lainnya di Korea.

Di sektor pemerintahan pun sebagai Aparatur Sipil Negara, lulusan SNU menduduki proporsi lulusan tertinggi hingga 33,7% pada tahun 2016.

Baca Juga Kenapa Banyak Artis Korea Enggak Punya Media Sosial?

Jadi Lulusan SNU, Apakah Selamanya Akan Memiliki Karir yang Mulus?

"Ada legenda di kalangan mahasiswa SNU di tahun 80-an dan 90-an, di mana lulusan SNU bisa masuk ke kantor kemahasiswaan jurusan, mengambil formulir lamaran untuk perusahaan-perusahaan top di negara ini dan hanya menandatangani nama dan akan diterima," kata mahasiswa SNU.

"Sekarang ini tidak seperti itu. Saya kira lebih banyak orang yang masuk universitas sekarang dan ekonomi secara umum sedang buruk, tetapi saya pernah mendengar orang mengeluh bahwa ijazah kami tidak sebanding dengan yang dulu."

Di tahun 2023, 330 mahasiswa drop out dari SNU, menurut data yang dikumpulkan oleh universitas. Ini merupakan jumlah terbesar dalam 23 tahun terakhir.

Namun, para ahli merasa bahwa pretise SNU tidak akan turun terlalu drastis, terlepas dari apa yang dirasakan oleh para mahasiswa dan alumninya.
 
"Kecuali jika perusahaan-perusahaan juga ikut serta dalam mengabaikan nama di ijazah ketika mereka mempekerjakan seseorang, tidak banyak yang akan berubah," kata satu ahli.

"Dan sulit untuk melakukan reformasi yang berarti pada sistem sekarang karena orang-orang yang memiliki kekuatan untuk membuat keputusan seperti itu adalah mereka yang diuntungkan oleh sistem mereka adalah lulusan SNU."

Terlepas dari nama almamaternya,  mahasiswa dan lulusan SNU tetap menikmati banyak keuntungan. Namun, sebanding dengan beban yang ditanggung. "Ini seperti dua sisi mata uang," kata seorang mahasiswa Sarjana SNU.

"Saya merasa diperlakukan secara khusus dan terkadang itu merupakan nilai tambah, tetapi sekali lagi semua orang di sekitar saya mengharapkan saya untuk melakukan segala sesuatu dengan baik dan itu bisa membuat saya merasa tertekan."

Baca Juga: Cara Tes Personal Color yang Bikin Tahu Warna yang Paling Cocok

Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik "Mulai Menulis"

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.