4 Tips Tetap Sehat selama Puasa: Nomor 2 Hindari Minuman Berkafein

Sumber gambar: Canva.com

Sumber gambar: Canva.com

Like

Hayoo... siapa di sini yang puasanya masih terjaga? Jangan-jangan badan sudah mulai lesu dan butuh cairan? 

Puasa adalah kegiatan menahan lapar dan dahaga. Secara lebih luas, puasa artinya kiita tidak makan dan juga tidak minum dalam sehari penuh mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Sudah tergambarkan, bagaimana dampaknya tubuh kita ketika kita diharuskan melakukan aktivitas tanpa cairan dan asupan yang masuk ke dalam tubuh kita? 

Baca Juga: Pengen Tetap Fit Selama Puasa, Ini Makanan yang Perlu dihindari Saat Sahur!

Eits! Tapi tunggu dulu Sobat Be-mers! Perlu Sobat Be-mers ketahui, makna puasa tidak hanya sekadar menahan lapar dan haus saja ya! Melainkan menahan nafsu dari segala hal yang dapat membatalkan puasa.


Lantas, bagaimana sih tips untuk menjaga daya tahan tubuh kita di bulan suci ramadhan ini, supaya kita tetap semangat dan maksimal dalam menjalankan ibadah puasa?

Oke! Coba ikuti tips di bawah ini dalam menjaga kesehatan tubuh kita selama di bulan ramadhan:

 

1. Buat Daftar Perencanaan Makan

Di bulan suci ramadan, banyak penjual takjil dadakan yang beraneka rasa, warna, dan bentuknya. Ini bisa jadi godaan hingga kalap. 

Cara untuk mengatasinya, kita dapat membuat daftar menu perencanaan makanan. Melalui perencanaan yang jelas, kita tidak lagi bingung untuk menentukan menu makanan sahur dan berbuka setiap harinya.

Hindari daftar menu makanan junk food atau menu makanan yang tidak sehat. 

Baca Juga: Hikmah Puasa Ramadhan: 4 Tips Puasa Tetap Sehat, Nomor 2 Jarang Dibahas

 

2. Hindari Minuman yang Mengandung Kafein dan Soda


Tips kedua untuk menjaga kesehatan tubuh kita selama di bulan ramadhan adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Sebagaimana sesuai aturan sehari 4-8 gelas, kalian dapat membaginya di waktu sahur dan berbuka.

Selain itu, hindari minuman yang mengandung kafein dan soda untuk meminimalisir datangnya sakit kepala saat kita sedang berpuasa.

Sebagaimana hal ini dikutip dari bogorkab.go.id, bahwa mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan soda, dapat menyebabkan sakit kepala di saat berpuasa. Baik saat mengkonsumsinya di waktu sahur ataupun di waktu berbuka.

 

3. Waktu Tidur yang Cukup


Selama bulan ramadhan, waktu istirahat kita akan berkurang. Hal ini dikarenakan harus mengikuti kegiatan sholat tarawih. 

Jadi, jika merasa kurang cukup tidur, gunakan luangmu untuk tidur. Tidur beberapa menit di siang hari bisa jadi pilihan. Asal tidak menggangu aktivitas di siang hari.
 

4. Meningkatkan Aktivitas Fisik dan Olahraga


Tips yang terakhir penting sekali! Selama ramadhan luangkanlah untuk melakukan aktivitas fisik dan olahraga. Luangkan waktu sebentar untuk berolahraga agar tubuh tetap bugar.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup dengan jalan santai sehabis sahur atau sebelum berbuka.
Yuk, coba diterapkan! Supaya kita tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan yang penuh berkah ini!


Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung!