Pengen Tetap Fit Selama Puasa, Ini Makanan yang Perlu dihindari Saat Sahur!

kurma (sumber gambar : pinterest)

kurma (sumber gambar : pinterest)

Like

SAHUR dalam bahasa Arab memiliki pengertian akhir malam, bukan sarapan khusus ramadhan yah, Be-mers!

Siapa disini yang sering skip sahur kalau lagi puasa? Jangan dong, Be-mers. Sebisa mungkin jangan melewatkan sahur saat puasa, karena selain sebagai sumber energi, sahur juga bisa sebagai sumber pahala, loh.

Baca Juga: 7 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa

Agar tidak mudah jatuh sakit, sebaiknya asupan makanan saat sahur dan berbuka harus diperhatikan dengan baik. Kali ini, kita bahas tentang makanan yang wajib dihindari saat sahur yah, Be-Mers.

Dua makanan ini sangat tidak direkomendasikan saat sahur.

1. Makanan Pedas

Berbagai makanan pedas, memang menggugah selera, apalagi saat keadaan mengantuk melihat makanan pedas membuat kita makan lebih lahap.


Alangkah baiknya kalau kita menghindari makanan tersebut. Akibat yang ditimbulkan akibat sahur pedas adalah infeksi lambung.

Dampak dari infeksi lambung diantaranya adalah diare. Enggak asik dong saat puasa kita jadi diare karena bikin badan menjadi lemas.

Baca Juga: Hikmah Puasa Ramadhan: 4 Tips Puasa Tetap Sehat, Nomor 2 Jarang Dibahas

2. Kol dan Kubis

Kol atau gubis goreng adalah salah satu sajian yang sangat murah, simple dan sat set istilahnya.  Sangat cocok untuk sajian sahur yang butuh masak jalur was wus wes wos. 

Sayangnya, kubis dan kol ini mengandung raffinose tinggi, karena memerlukan enzim tambahan yang diperlukan untuk memecahnya.

Salah satunya tidak bisa dicerna oleh manusia, sehingga menyebabkan perut cepat kembung, Keadaan perut kosong saat puasa saja membuat rawan kembung apalagi ditambah dengan zat raffinose tinggi yang terkandung di dalam kol dan kubis, be-mers.

Oleh sebab itu, be-mers sebaiknya menghindari dua makanan itu saat sahur yah, demi kesehatan tubuh, apalagi masih awal puasa nih.

Baca Juga: Tips Menangani Maag yang Dipicu Stress

Sebaiknya konsumsi makanan yang dianjurkan yaitu pertama, sayur sup yang dapat menutrisi selama puasa karena dalam satu porsi sup dilengkapi protein, lemak dan serat.

Kedua, telur, yang merupakan sumber protein utama, sehingga menyantap telur membuat kenyang lebih lama.

Ketiga, buah kurma yang merupakan sumber energi instan karena terdapat gula yang tinggi berupa fruktosa dan laktosa, sebenarnya sumber instan ini juga ditemukan pada madu.

Meskipun tidak memiliki kurma dapat diganti madu juga yah, Be-mers. Kira-kira be-mers sudah sahur yang mana nih, makanan yang dihindari atau dianjurkan?

#30hariramadhanbercerita

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung!