Ramadhan Bukan Sekedar Membawa Aspek Spiritual, Juga Membawa Hikmah dalam Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya

Like

Aspek Budaya

Jadwal puasa yang padat dari pagi buta hingga sore hari, membuat  pelaku puasa harus punya mental disiplin tinggi.

Disiplin di sini bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi disiiiplin terhadap 3 aspek.  Pertama adalah disiplin terhadap hukum Allah. 

Menaati  hukum Allah agar menjadi manusia yang baik . Meskipun larangan dan peraturan Allah sudah ada , tetapi saat puasa Ramadhan,  saatnya untuk meningkatkan amal sholeh , misalnya dengna tarawih, tadarus, iktikaf, bersedekah . 

Baca Juga: Mendalami Kosakata Bahasa Jawa: Makna Rungkad dan Kosakata Populer Lainnya

Disiplin kedua adalah mengelola diri sendiri.  Saat puasa, diharapkan kita dapat menahan kemarahan,  keegoisan, kebohongan dan hal-hal yang kurang baik misalnya sering mencela.


Disiplin ketiga adalah melatih diri untuk jujur  dalam mengatakan hal yagn sebenarnya.  Jujur ini merupakan yang hanya dilihat oleh Allah sendiri, manusia mungkin bisa tak melihat  aktivitas yang kita sembunyikan.   Bentuk karakter yang jujur agar lebih menjadi manusia yang selalu taqwa.

#30HariRamadhanBercerita

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung