Alasan Jomblo Stres Saat Ramadhan, Pengin Cepat Nikah: Ini Solusinya!

Like

Masalah Psikologis

Dalam tulisan yang baru mencapai 228 kata ini, saya mau fokuskan ke jenis stres yang sering muncul di bulan Ramadhan.

Jenis stres yang satu ini malah sudah muncul sebelum bulan Ramadhan. Biasanya, dialami oleh para jomblo. Hah, jomblo? Panti jomblo maksudnya? Aduh, itu sih panti jompo!

Baca Juga: Faktor-Faktor Menurunnya Angka Pernikahan di Indonesia

Bagaimana tidak, jomblo adalah kaum yang sering mendapat bully. Ini tidak hanya teman yang melemparkan bully itu, tetapi juga termasuk keluarga sendiri.

Pertanyaan, "Kapan nikah?" adalah pertanyaan yang sangat menghantui para jomblo, melebihi hantu-hantu di film horor itu! Mereka mendapatkan bully tidak hanya saat berbicara langsung alias pas mengobrol, tetapi juga di grup-grup Whatsapp.


Saya sendiri pernah membully teman saya yang jomblo dalam grup, hingga dia keluar dari grup. Aduh, jangan dicontoh, deh! Malu kalau ingat. 

Ketika bulan Ramadhan ini, kaum jomblo memang menderita. Kalau berbuka, dia mungkin bisa bersama teman-temannya.

Namun, ketika sahur, wuih, dia akan sendirian di dalam kamar kost! Merenungi nasib yang tidak kunjung mendapatkan jodoh. 

Baca Juga: Kenali 5 Adat Penikahan yang Populer Orang Pakai di Indonesia!

Saya juga pernah merasakan hal itu, kok! Ketika pulang dari kantor, membuka kunci kamar kost. Menyaksikan kamar kost yang sepi, ditambah dengan tumpukan pakaian yang perlu disetrika. Rasanya memang nyesek banget!

Masak pun sendiri. Nasi di rice cooker sudah dibuat tadi sebelum ke kantor. Ketika makan, duh, rasanya kok hati ini kebat-kebit?

Merindukan bisa mendapatkan pasangan yang halal, plus didampingi dengan anak-anak yang lucu. 

Hati jomblo sudah sedemikian berharap seperti itu dan bisa hancur pula karena stres memikirkan kapan jodoh datang, ditambah dengan bully yang membuat luka hatinya semakin menganga.

Ini sudah stres ditambah stres, jadinya stres kuadrat, aduh, tidak kuat!

Baca Juga: Ramai Rumor Kencan Han So Hee dan Ryu Jun Yeol, Ini Kata Agensi!