3 Tradisi Ramadan Di Arab Saudi, Ada Bagi-Bagi Takjil Juga!

Like

2. Berlomba untuk Berbagi Makanan Enak

Tradisi satu ini ada hampir di setiap negara Islam. Setiap orang pasti ingin berlomba-lomba melakukan kebaikan saat bulan Ramadhan. 

Alasannya, karena ganjaran pahala menjadi berlipat-lipat, begitu pula dengan warga negara Arab Saudi. Bahkan, negara yang memiliki dua masjid suci ini, mendukung penuh pembagian takjil di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Takjil yang dibagikan juga sangat mewah untuk ukuran orang Indonesia. Bukan hanya di kedua masjid suci, di pinggiran jalan juga mudah ditemukan pembagian takjil gratis.

Pemandangan demikian seringkali kita temukan di Indonesia. Namun, yang membedakan adalah jenis makanan yang dibagikan.

Biasanya, yang dibagikan selain kurma adalah susu, yoghurt, roti, biskuit bahkan ada beberapa lokasi Be-mers bisa menemukan potongan ayam yang super besar untuk 1 orang. Hmmm, enak-enak nih, yah!.


Baca Juga: 4 Ide Aktivitas Berbuka Puasa Bersama yang Unik dan Menyenangkan



3. Menu Berbuka Puasa

Terakhir nih, saat berbuka puasa, masyarakat Arab biasanya membatalkan dengan menu yang agak ringan, seperti gorengan khas Arab Saudi, yaitu sambosa.

Sangat mudah menemui sambosa ketika berbuka puasa di Saudi. Kalau di Indonesia kita sering menemui aneka macam gorengan, meskipun sambosa juga ada, kalau di Arab Saudi justru sambosa menjadi hal yang lumrah.

Baca Juga: 5 Tradisi Unik Ramadhan Khas Negara-Negara di Asia Tenggara

Selain itu, masyarakat Arab biasanya memakan makanan berat setelah selesai sholat tarawih, jadi saat berbuka mereka lebih ke makanan ringan seperti kurma, sambosa, yogurt, susu dan roti.

Demikian kebiasaan orang-orang di Arab Saudi, sebenarnya kurang lebihnya hampir sama dengan di Indonesia, karena pada umumnya semua negara muslim menyambut Ramadhan dengan sukacita.

#30hariramadhanbercerita



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung