Modifikasi Potluck untuk Bukber, Ini 3 Rekomendasinya!

menu buka bersama (sumber gambar : pinterest)

menu buka bersama (sumber gambar : pinterest)

Like

Bukber merupakan singkatan dari buka bersama, kegiatan yang bergandengan dengan datangnya bulan suci Ramadhan.

Kegiatan ini banyak dilakukan baik oleh keluarga, komunitas, maupun rekan kerja. Agar tidak monoton, sebaiknya buka bersama dibikin semenarik mungkin.

Sebenaranya ada banyak ide agar acara bukber lebih seru, misalnya potluck, makanan bertema, acara memasak bersama, piknik bukber, games night ataupun kegiatan amal. 

Potluck merupakan kegiatan berkumpul, kemudian masing-masing orang wajib membawa makanan sendiri untuk dimakan bersama-sama.

Baca Juga: Tradisi Unik Ramadhan di Berbagai Negara: Kuwait Bagi-Bagi Cokelat


Tradisi ini berasal dari Negeri Paman Sam, meskipun dari sana sebenarnya tradisi ini hampir sama dengan budaya di Indonesia, yaitu berbagi makanan atau makan bersama.

Potluck sangat cocok dengan budaya Indonesia yang sangat komunal. Nah, agar potluck tidak monoton, sebaiknya dikreasikan dengan beberapa cara berikut ini :
 


1. Potluck Berdasarkan Huruf Depan Nama

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, potluck merupakan kegiatan membawa makanan sendiri-sendiri kemudian dimakan bersama saat bukber.

Baca Juga: Tradisi Dunia Selama Ramadhan, Budaya dan Agama Berjalan Berkesinambungan

Membawa potluck berdasarkan huruf depan nama masing-masing menjadikan challange tersendiri, loh. Misalnya, huruf depan berawal N, bisa membawa Nasi sebagai potluck, huruf depan berawal A, bisa membawa ayam goreng, huruf depan berawal P, bisa membawa pisang. Seru dan bikin penuh kejutan, be-mers?