3 Hal Ini Bisa Jadi Jembatan Toleransi Beragama

Toleransi umat beragama selama Ramadhan ( Sumber gambar : hipwee )

Toleransi umat beragama selama Ramadhan ( Sumber gambar : hipwee )

Like

Bulan Ramadan, bulan suci umat Islam yang dihormati oleh jutaan orang di seluruh dunia, seringkali menjadi momen penting untuk merayakan kerukunan antarumat beragama.

Toleransi selama bulan Ramadan tidak hanya memberikan penghormatan terhadap ibadah umat Islam, seperti puasa dan ibadah lainnya.

Melainkan jjuga mengakui dan menghargai perbedaan dalam kepercayaan dan praktik keagamaan yang ada dalam masyarakat.

Baca Juga: 5 Jenis Es yang Bisa Jadi Ide Jualan Selama Ramadhan, Dijamin Untung Besar!

Inilah saatnya untuk membangun jembatan antaragama, bukan tembok pemisah. Namun, penting untuk diingat bahwa toleransi bukan hanya tentang bertindak baik kepada orang-orang selama bulan Ramadan.


Ini menjadi jembatan untuk menjaga sikap sepanjang waktu. Di Indonesia sendiri, banyak sekali hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan toleransi antar umat beragama selama bulan Ramadhan.


1. Berbuka bersama

Berbuka bersama sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Buka bersama merupakan salah satu cara meningkatkan toleransi antar agama di bulan Ramadhan.

Buka bersama dijadikan ajang untuk bertemu dan berkumpul, Bukan hanya bagi yang berpuasa saja tetapi juga bagi semua orang.

Baca Juga: Berkahnya Takjil Ibu Siti Saat Ramadan

Agenda ini sering dilakukan sebagai salah satu agenda rutinitas disetiap tahunnya. Berbuka bersama biasanya dilakukan dengan rekan kerja, teman kuliah, dan lain sebagainya dan sebagai agenda wajib saat ramadhan tiba.