5 Tips Menurunkan Berat Badan Selama Puasa, Nomor 4 Paling Jarang Dilakukan!

Konsumsi makanan salah satu tips menurunkan berat badan. (Sumber: unsplash.com by Thowfiqu Barbhuiya)

Konsumsi makanan salah satu tips menurunkan berat badan. (Sumber: unsplash.com by Thowfiqu Barbhuiya)

Like

Pada saat menjalani ibadah puasa ramadan tentunya kita mengalami perubahan waktu, pola makan, dan tidur. 

Sehingga, sebagian orang mungkin merasakan perbedaan ketika menjalani aktivitas rutinnya. Walau demikian, bagi sebagian orang bulan puasa ramadan merupakan saat yang tepat untuk dapat menurunkan berat badan.

Baca Juga: Panduan Praktis Menurunkan Berat Badan Selama Ramadan, Cukup dengan 5 Cara!

Diet saat menjalani puasa tentunya perlu beberapa aspek yang perlu diperhatikan, aspek apa saja yang harus diperhatikan sekaligus tips agar bisa menurunkan berat badan selama puasa?,

Yuk BE-EMERS simak pembahasan berikut ini:

 

1. Perhatikan Waktu Makan

Pertama dan yang paling penting ialah waktu makan. Saat berpuasa umat muslim memiliki 2 waktu makan, yakni saat sahur dan berbuka puasa.



Saat sahur konsumsilah makanan-makanan yang dapat menjadi energi, sehingga mencegah rasa lapar saat berpuasa.

Pilih makanan yang kaya protein, serat dan karbohidrat seperti contohnya nasi merah, telur, oatmeal dan aneka sayur-sayuran.

Ketika memasuki waktu berbuka puasa, sebaiknya BE-EMERS menghindari makan berlebihan. Sebaiknya, berbuka puasa dengan kurma dan air putih ataupun makanan ringan terlebih dahulu.

Kemudian dapat dilanjutkan dengan makanan berat setelah beberapa saat.Tentunya perhatikan juga ya unsur nutrisi dan gizi pada makanan yang BE-EMERS konsumsi.

Baca Juga: 3 Cara Menumbuhkan Sikap Toleransi Antarumat Beragama, Yuk Terapkan!



2. Pilih Makanan Sehat

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, ketika berkomitmen untuk menurunkan berat badan, konsumsilah makanan yang sehat.

Misalnya, makanan yang mengandung protein seperti daging ayam tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan dan tempe.

Makanan dengan protein tinggi dapat membantu membangun dan memelihara massa otot. Efeknya, tubuh tidak mudah kehilangan energi.

Baca Juga: Puasa Ramadhan dan Tantangan Menurunkan Berat Badan, Bisa Enggak Ya?

Selain makanan berprotein, konsumsi juga makanan dengan serat yang cukup. Konsumsilah karbohidrat  kompleks, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, nasi merah, roti gandum atau oatmeal.

Dengan mengkonsumsi makanan dengan serat yang cukup dan karbohidrat yang kompleks maka dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Selain itu, pencernaan juga jauh lebih lancar. 

   

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung