Prinsip dan Tanggung Jawab Ketika Investasi di bulan Ramadhan, Terapkan yang Satu Ini!

Like

Melalui Belajar

Investasi sekarang memang sangat banyak bentuknya. Ada yang halal, ada pula yang haram. Untuk bisa memahaminya, memang membutuhkan pembelajaran.

Butuh yang namanya ilmu. Baik itu ilmu tentang investasi sendiri, maupun ilmu agama Islam. 

Mengapa butuh belajar? Tentu saja agar tidak terjebak kepada investasi bodong. Selain itu, juga mencegah kerugian dana yang kita masukkan di sana.

Baca Juga: Cuan Rp15,4 Triliun dari Saham Doang? Bisa, Kayak Sosok Ini!

Apa gunanya menginvestasikan dana yang cukup besar, jika nantinya malah dilarikan oleh si pengelola dana?


Selain itu, belajar tentang agama Islam, agar tidak terjebak kepada investasi yang berbau riba, perjudian, maupun hal-hal yang memang dilarang. Ini yang harus dipikirkan lebih jauh ke depan.

Apa gunanya kita investasi seumur hidup, kalau nanti di akhirat kita malah mendapatkan celaka? Itu sama saja investasi untuk masuk ke dalam neraka dan murka Allah.

Hal yang harus diingat pula, jangan selalu patokannya kepada orang lain. Soalnya, orang lain belum tentu benar. Mungkin kamu merasa orang yang kaya raya itu bahagia sehingga kamu pun berkeinginan yang sama.

Kenyataannya, belum tentu. Bahagia itu yang bagaimana dulu? Kalau bahagia di atas rida Allah, maka itulah bahagia yang sebenarnya. 

Saya rasa, sekarang informasi seputar investasi yang halal dan tetap menguntungkan tersedia di mana-mana.

Apalagi di bulan Ramadhan ini, saat kita mendapatkan tambahan penghasilan, maka bisa dimasukkan ke dalam investasi yang tepat.

Baca Juga: Hukum Jual Beli Saham dalam Islam, Halal atau Haram?

Sebelum melakukan hal tersebut, kita harus punya prinsip dan tanggung jawab. Semuanya harus didasarkan kepada syariat Islam agar investasi kita lancar, berbuah manis, dan tidak menimbulkan masalah dunia, terlebih lagi di akhirat kelak. 

#30hariramadhanbercerita

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung