5 Rekomendasi Investasi Syariah yang Menguntungkan dan Juga Aman

Salah satu produk investasi syariah yakni emas (Sumber: unsplash.com by Zlataky.cz )

Salah satu produk investasi syariah yakni emas (Sumber: unsplash.com by Zlataky.cz )

Like

Siapa nih yang sudah tidak asing dengan kata investasi? Kegiatan investasi dilakukan oleh berbagai kalangan, mulai dari usia muda hingga pensiunan.

Mengapa investasi banyak diminati oleh masyarakat?

Investasi merupakan salah satu kegiatan menambah cuan. Ada cukup banyak instrumen investasi yang dapat dipilih, akan tetapi dari sekian banyak instrumen investasi tidak semua dapat dipilih umat Islam.

Baca Juga: Terapkan Prinsip dan Tanggung Jawab dalam Berinvestasi di Bulan Ramadhan

Hal ini karena investasi menurut Islam harus bersifat halal. Halal maksudnya adalah investasi yang dilakukan tidak boleh memiliki keterkaitan dengan hal-hal yang dilarang oleh agama.


Misalnya, memiliki keterkaitan dengan riba, judi, khamr atau minuman keras, kasus korupsi dan keterkaitan lainnya yang dilarang oleh islam.

Bagi BE-EMERS yang ingin memulai investasi dengan berlandaskan hukum syariah, yuk cek detailnya


1. Deposito Syariah

Deposito syariah menawarkan keuntungan yang kompetitif dengan bunga yang terbilang cukup stabil.

Investasi ini dikatakan aman, karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Indonesia. Pilihlah deposito syariah dengan mengutamakan bank syariah.

Kamu juga bisa bertanya kepada customer service untuk bisa mendapatkan informasi lebih lengkap terkait produk depositonya.

Umumnya deposito memberikan bunga 2% hingga 7% pertahun tergantung dari banknya. Deposito syariah pun dijamin oleh LPS tetapi dengan batasan sebesar Rp.2 milyar per nasabah per bank.

Baca Juga: Ada 8 Saham yang RUPS di Bandung, Pemburu Souvenir Merapat!



2. Reksadana Syariah

Selanjutnya adalah produk investasi aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan(OJK). Selain itu, dana kelolaan nasabah yang ditaruh dalam reksadana dikelola oleh manajer investasi yang telah berpengalaman.

Reksadana syariah dikelola dengan berlandaskan prinsip dan hukum syariah. Terkait dana kelolaan bergantung kepada jenis reksadana yang BE-EMERS inginkan.

Misalnya, reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang, reksadana campuran dan reksadana saham.

Sebelum BE-EMERS memilih reksadana syariah mana yang akan diambil, lihatlah prospektus dan bagaimana kinerja sebelumnya.

Perlu diingat ya BE-EMERS kinerja sebelumnya bukan patokan utama untuk mempertimbangkan untuk berinvestasi terhadap suatu reksadana.

Reksadana memberikan bunga yang beragam bergantung pada produk reksadana dan manajer investasinya.