Saham GOTO Terjun 5% di Angka Rp66! Apa Penyebabnya?

Like

Meskipun mengalami kerugian, GOTO mencatatkan EBITDA yang disesuaikan (adjusted EBITDA) positif sebesar Rp77 miliar pada kuartal IV-2023.

Sementara itu, adjusted EBITDA untuk tahun buku 2023 mengalami perbaikan menjadi minus Rp3,67 triliun, dibandingkan dengan minus Rp16,01 triliun pada akhir tahun 2022.

Dalam upaya mengatasi penurunan harga saham dan meningkatkan kepercayaan investor, GOTO berencana melakukan pembelian kembali saham perseroan (share buyback) sebesar USD200 juta atau setara Rp3,1 triliun.

Baca Juga: IHSG Naik, Namun Deretan Saham Terpantau Terjun Bebas Pekan Ini

Implementasi dan realisasi rencana ini akan tergantung pada persetujuan dari regulator dan pemegang saham, yang akan diajukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) berikutnya.


Meskipun menghadapi tantangan, manajemen GOTO tetap optimis untuk mencapai EBITDA yang disesuaikan impas (breakeven) untuk keseluruhan tahun buku 2024.

Mereka juga berkomitmen untuk terus menginvestasikan pendapatan yang diperoleh ke dalam kegiatan bisnis perseroan secara berkelanjutan, seiring dengan upaya menuju pertumbuhan top line.

Dengan demikian, penurunan harga saham GOTO pada perdagangan Rabu merupakan refleksi dari kondisi fundamental perusahaan yang menghadapi tantangan.

Baca Juga: Ada 8 Saham yang RUPS di Bandung, Pemburu Souvenir Merapat!

Namun, langkah-langkah yang diambil oleh manajemen untuk mengatasi masalah ini menunjukkan komitmen mereka untuk memulihkan kinerja perusahaan dan membangun kepercayaan investor.

Perlu diingat bahwa investasi dalam saham selalu melibatkan risiko, dan investor disarankan untuk melakukan riset dan analisis yang cermat sebelum mengambil keputusan investasi.





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? 
Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. 

Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.