Hacker Munchables Mengembalikan $62,8 Juta Ether tanpa Tebusan

Ilustrasi Hacker (Sumber gambar: Pixabay)

Ilustrasi Hacker (Sumber gambar: Pixabay)

Like

Pada 27 Maret, pukul 4:40 pagi UTC, Munchables mengidentifikasi peretas sebagai salah satu pengembangnya.

Setelah satu jam negosiasi, mantan pengembang tersebut setuju untuk mengembalikan dana yang diretas. Dibutuhkan hampir delapan jam bagi peretas Munchables untuk berubah pikiran dan mengembalikan $62,8 juta Ether (ETH) yang dicuri dalam eksploitasi tanpa menuntut tebusan.

Pada 26 Maret, sekitar pukul 9:30 malam UTC, game nonfungible token (NFT) berbasis Ethereum, Munchables, melaporkan adanya peretasan yang menguras lebih dari 17.400 ETH dari aplikasi GameFi tersebut.

Munchables, bersama penyelidik blockchain seperti PeckShield dan ZachXBT, mulai melacak pergerakan dana yang dicuri dalam upaya untuk mengintersepnya.

Baca Juga: Menkominfo: Jaga Data Diri Sendiri. Apa Saja Fungsi NIK?


ZachXBT mengklaim eksploitasi itu berasal dari tim Munchables yang mempekerjakan seorang pengembang Korea Utara yang dikenal dengan nama samaran "Werewolves0943."

Pada 27 Maret, pukul 4:40 pagi UTC, Munchables mengidentifikasi peretas sebagai salah satu pengembangnya. Satu jam negosiasi membuat mantan pengembang tersebut setuju untuk mengembalikan dana yang diretas. Dalam pernyataan resmi, Munchables mengatakan:

"Pengembang Munchables telah membagikan semua kunci pribadi yang terlibat untuk membantu dalam memulihkan dana pengguna. Secara khusus, kunci yang memegang $62.535.441,24 USD, kunci yang memegang 73 WETH, dan kunci pemilik yang berisi sisa dana."

Baca Juga: Punya Aset Kripto? Lakukan Ini Agar Aman Dari Hacker

Pencipta blockchain layer-2 Ethereum Blast, yang menggunakan nama samaran Pacman, mengucapkan terima kasih kepada ZachXBT atas dukungannya, karena dia mengumumkan bahwa "mantan pengembang Munchables memilih untuk mengembalikan semua dana akhirnya tanpa meminta tebusan apa pun."