Nilai-Nilai Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara: Menjalin Kebahagiaan dan Kebersamaan!

Like

Malaysia

Di Malaysia, tradisi *bubur lambuk* menjadi menu wajib saat berbuka puasa. Masyarakat setempat berkumpul untuk memasak dan mendistribusikan bubur lambuk secara gratis kepada orang-orang di sekitarnya, menciptakan rasa kebersamaan yang kuat.
 


Arab Saudi

Di Arab Saudi, tradisi berbagi makanan dan minuman dengan tetangga dan orang yang kurang mampu sangat dihargai. Ini tercermin dalam tradisi *ifrah*, di mana orang-orang mengunjungi tetangga mereka untuk berbagi hidangan Ramadhan.

Baca Juga: 3 Tradisi Unik di Berbagai Negara, Salah Satunya Melempar Meriam!

 

Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, komunitas Muslim merayakan kebersamaan melalui tradisi *iftar potluck*, di mana setiap tamu membawa hidangan favorit mereka untuk berbuka puasa bersama-sama.

Ini adalah contoh bagaimana nilai-nilai ramadhan bisa menyatukan orang dari berbagai latar belakang budaya.


Baca Juga: 5 Tradisi Unik Bulan Ramadhan di Berbagai Negara

Melalui tradisi-tradisi ramadhan yang beragam ini, kita dapat melihat bahwa meskipun budaya dan kebiasaan mungkin berbeda di setiap negara, nilai-nilai universal seperti kebersamaan, kedermawanan, dan persaudaraan tetap menjadi inti dari perayaan ini.

Semoga setiap tradisi ramadhan di seluruh dunia terus menginspirasi kita untuk menjadi lebih baik sebagai individu dan masyarakat yang lebih baik pula.

#30hariramadhanbercerita



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung