Yuk Kelola THR dengan Bijak dalam Menyambut Hari Raya Lebaran

Like

2. Alokasi Dana dengan Baik

Alokasikan pula THR dengan baik setelah menulis perkiraan catatan pengeluaran. Jika masih terdapat sisa atau secara keseluruhan, Be-emers juga bisa menerapkan metode alokasi dana seperti 50-30-20 (50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk investasi atau dana darurat, dan 20% untuk keinginan).

Be-emers tidak harus terpatok pada metode tersebut dan bisa menerapkan sesuai dengan pemasukan dan kebutuhan Be-emers.

Baca Juga: Ini Tips Manfaatkan THR untuk Investasi Masa Depan!

 

3. Disiplin dan Hindari Impulsif dalam Menggunakan THR

Tak jarang dan jangan sampai Be-emers seperti ini ya, yakni tidak disiplin pada rencana pengeluaran dan tidak tahan keinginan sehingga belanja impulsif.

Hindari tergoda dengan aneka ragam diskon-diskon lebaran yang sebenarnya belum tentu Be-emers butuhkan.


 

4. Ingat Yang Penting dan Tidak Penting

Apabila Be-emers telah membuat rencana pengeluaran, seharusnya Be-emers sudah dalam kategori disiplin dalam hal pengeluaran THR.

Tetapi jika belum membuat, maka pastikan dan utamakan kebutuhan yang penting dan kewajiban terlebih dahulu yang dikeluarkan dari dana THR. Seperti contohnya untuk zakat fitrah, kebutuhan pakaian, dan makanan serta kebutuhan lainnya sesuai dengan kondisi Be-emers.

Selain itu, usahakan mengalokasikan dana THR untuk tabungan dan investasi. Agar dana THR tidak habis begitu saja, tetapi juga dapat bermanfaat untuk kedepannya karena dana kita aman disimpan atau diinvestasikan untuk jangka panjang.

Baca Juga: Ide Bisnis untuk Menambah uang THR, Cuan Hari Raya Nih!

 

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips di atas dan terutama perencanaan serta pengelolaan dana THR yang baik, THR Be-emers bisa dimanfaatkan secara optimal untuk kebutuhan dan lebaran yang penuh berkah tanpa penyesalan ke depannya.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? 
Yuk, tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang kamu suka dengan klik "Mulai Menulis".

 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.