10 Makanan Khas Sajian lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia

Like

8. Ayam Woku dari Manado

Sekilas Ayam woku Manado yang dimasak mirip dengan ayam bumbu rujak. Rasanya super pedas karena campuran rempah-rempah dan bumbu khusus.

Biasanya, ayam woku dimasak hingga kuahnya mengental dan sedikit menyusut.
 


9. Lempok Durian dari Palembang

Makanan ini terdiri dari tiga bahan dasar yaitu Durian, gula dan sedikit garam. Cara membuat lempok durian, adalah memasukan ke dalam panci besar daging buah durian yang sudah dipisahkan dari bijinya.

Lalu masukan gula dan sedikit garam. Dimasak dengan api kecil dan diaduk, lama masaknya sekitar empat jam.

Baca Juga: Bubur Hingga Smoothie Buah: Ini 5 Rekomendasi Menu Sahur!


 

10. Rendang dari Padang

Rendang Padang adalah khas daerah padang. Walaupun kini rendang dapat dinikmati oleh siapa saja karena warung padang hampir ada di mana-mana. Namun, sebenarnya Rendang padang saat lebaran tetap istimewa.

Uniknya Rendang padang ini biasanya ukuran pemotongan daging itu sepertinya punya ketetapan tersendiri. 1 kg daging dipotong menjadi 20.

Untuk kemudian dimasak dengan santan kelapa yang banyak biasanya menggunakan lebih dari tiga butur kelapa.

Baca Juga: Menu Sahur Simple yang Bisa Dimasak di Pagi Buta!

Serta memasaknya dalam waktu yang lama, minimal empat jam dan maksimal bisa sampai delapan jam. Maka dari itu Rendang Padang biasanya awet tidak mudah basi meskipun sudah berhari-hari.

Demikian tadi ulasan tentang makanan khas lebaran dari berbagai daerah. Sebenarnya masih banyak daerah-daerah lain yang belum ditulis.

Karena memang negara kita terdiri dari berbagai suku yang tentunya mempunyai ciri, kebiasaan dan makanan khas yang berbeda-beda tentunya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan terimakasih.

#30HariRamadhanBercerita


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung