10 Makanan Khas Sajian lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia

Like

4. Burasa dari Sulawesi

Makanan ini merupakan makanan khas suku Bugis di Sulawesi. Terbuat dari nasi ketan yang dimasak lembek dengan santan kemudian dibungkus daun.

Sekilas mirip lontong. Burasa juga dimakan dengan opor atau coto.



5. Karasi dari Wakatobi

Kue kering dengan rasa manis dan berbahan dasar parutan jagung muda dicampur gula merah cair, kemudian digoreng.

Pembuatan karasi cukup unik yditu dengan menggunakan cetakan dari batok kelapa saat hendak menuang ke kuali untuk digoreng.

Baca Juga: Memastikan Kelancaran Mudik Lebaran 2024, Inilah Daftar Stasiun Pengisian Mobil Listrik di Tol Trans Jawa




6. Pote Jeje Tujak dari Lombok

Makanan ini bukan hanya sepesial untuk merayakan lebaran yang selalu ada di setiap rumah untuk hidangan orang yang berkunjung.

Hal yang unik adalah perlakuan dalam membuat dan menyajikannya yang cukup sakral. Masyarakat Lombok percaya bahwa dalam membuat poteng tak boleh sembarangan.

Orang yang membuat poteng atau tapai harus dalam keadaan suci atau tidak sedang haid agar tidak merusak hasil akhir poteng.

Selain itu, penyajian pote jaje tujak juga dilakukan setelah selesai salat sehingga masih dalam kondisi suci karena usai berwudhu.

Baca Juga: 7 Outfit yang Cocok Sepanjang Waktu, Enggak Cuma Buat Lebaran Aja!



7. Lemang dari Jambi

Lemang merupakan hidangan khas lebaran masyarakat Jambi. Lemang dibuat dari beras ketan yang digulung dengan selembar daun pisang, lalu dimasukkan ke dalam bambu panjang dan dibakar sampai matang. Unik ya, cara pembuatannya.