Membeli Emas Sebelum Lebaran? Ini dia Tips dan Keuntungannya

(Sumber gambar: Freepik)

(Sumber gambar: Freepik)

Like

Selama Lebaran, toko emas di Indonesia biasanya ramai dikunjungi. Orang-orang membeli emas, terutama perhiasan, untuk dipakai saat hari raya. Selain untuk mempercantik diri, emas perhiasan juga dianggap sebagai investasi. 

Selain perhiasan, emas batangan juga populer menjelang Lebaran, terutama bagi mereka yang ingin berbagi bonus dengan logam mulia.

Setelah perayaan Lebaran, masih banyak orang yang tetap memilih untuk mengalokasikan uang Tunjangan Hari Raya (THR) mereka untuk investasi emas. Meskipun harga emas dapat naik turun, emas tetap dipandang sebagai pilihan investasi yang menguntungkan.

 

Cara Menabung Emas

Selain membeli emas dengan satuan yang bervariasi (0,5 gram hingga 1 kilogram), Anda juga dapat berinvestasi emas dengan cara menabung di Pegadaian. Investasi ini dapat dimulai dengan nominal kecil, yaitu 0,01 gram, setara dengan Rp10.120.

Kamu dapat menyisihkan uang tabungan atau THR untuk berinvestasi emas melalui aplikasi Pegadaian Digital. Tersedia pula kalkulator simulasi untuk menghitung jumlah investasi yang diperlukan.


Bagi yang ingin memperoleh emas secara bertahap, Pegadaian menyediakan opsi cicilan emas dengan tenor hingga 36 bulan dan angsuran tetap.

Baca Juga: Ini Tempat Beli Emas yang Aman


 

Tips Berinvestasi Emas

1. Beli Emas di tempat yang Terpercaya

Sangat penting untuk membeli emas di tempat terpercaya supaya rencana investasi kamu tidak berakhir buruk karena salah tempat membeli. BUMN telah menyediakan dua jalur aman untuk jual-beli emas, yaitu Pegadaian dan ANTAM.

 

2. Pantau Selalu Harga Emas

Meskipun harga emas dianggap stabil, itu tidak berarti harganya tidak berubah sama sekali, bisa saja setiap harinya harga emas berubah.

Oleh karena itu, kamu harus selalu memantau harga emas untuk mengetahui harga yang tepat saat membeli. Sebab pada umumnya menjelang lebaran, harga emas akan naik karena tingginya peminat untuk membeli emas.

 

3. Pahami Kapan harus Membeli dan Menjual Emas

Selain mempertimbangkan harga beli emas, kamu juga perlu memperhatikan harga jualnya. Melansir dari laman medcom.id, kamu harus mengingat bahwa emas lebih cocok disimpan untuk jangka waktu yang lama sebagai investasi jangka panjang.

Menjual kembali emas dalam waktu singkat biasanya tidak memberikan keuntungan yang signifikan.

Baca Juga: Jual Investasi Emas Tanpa Surat, Ini Tipsnya