Tren Pinjol Jelang Lebaran Meningkat, Kenali Debt Snowball untuk Hindari Utang Berkepanjangan

Like

Kelebihan Debt Snowball

Metode ini memiliki kelebihan dapat membentuk kebiasaan seseorang untuk dapat membayarkan hutangnya. Dengan jumlah hutang yang semakin mengecil dapat menambah motivasi mereka untuk dapat melunasi secara utuh utang-utangnya.

Kenyataannya, melunasi hutang dengan jumlah yang besar beserta bunganya pasti dapat sangat melelahkan.

Baca Juga: Terjerat Pinjol, Mahasiswa Kampus No.1 Indonesia Bunuh Temannya!

Metode ini dapat membantu mengurangi stress dalam melunasi utang. Apalagi kalau secara matematis utang yang ada tidak dapat dilunasi dalam waktu yang singkat, saat pendapatan masih lebih kecil dari jumlah total utang.



Kekurangan Debt Snowball 

Akan tetapi metode ini juga memiliki kekurangan. Memang debt snowball dapat memberi motivasi untuk seseorang melunasi utangnya.


Akan tetapi, dengan fokus membayar hutang dengan cicilan terkecil peminjam akan menerima konsekuensi utang yang lebih besar dengan bunga yang jauh lebih besar.

Lawan dari metode ini adalah debt avalanche. Dengan merampungkan utang dengan cicilan yang tertinggi terlebih dahulu.

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa IPB Telah Terjerat, Ini Tips Terhindar Pinjol Ilegal!

Akan tetapi, penerapan metode ini dalam jangka panjang akan sangat melelahkan dan rawan memberi efek stress pada peminjam.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung