Ratusan Mahasiswa IPB Telah Terjerat, Ini Tips Terhindar Pinjol Ilegal!

Pinjol Ilegal. (Ilustrasi: Freepik)

Pinjol Ilegal. (Ilustrasi: Freepik)

Like

Agar tidak terjerat pinjol ilegal seperti ratusan mahasiswa IPB, perlu menerapkan tips aman bertransaksi menggunakan pinjol. Seperti apa?

Ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor dilaporkan terjerat pinjaman online atau pinjol ilegal untuk memenuhi kebutuhan dana untuk kegiatan kampus. 

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) OJK mengatakan bahwa kejadian ini diduga penipuan berkedok perdagangan dengan menggunakan pinjaman online

“Penipu ini, tidak menyetorkan cicilan yang sudah dibayarkan mahasiswa, sehingga mahasiswa terdampak kasus [pinjol] ini. Kami sangat mendorong proses hukum kepada pelaku penipuan ini dan mengembalikan kerugian mahasiswa yang menjadi korban,” kata Tongam kepada Bisnis, Selasa (15/11/2022).

Pinjol memang sangat berbahaya untuk keuangan, sekali terjerat akan susah untuk terlepas. Maka dari itu, harus sangat berhati-hati dalam menggunakan pinjol.


Jangan sampai pinjol yang kita gunakan tidak terdaftar di OJK dan termasuk dalam pinjol ilegal.
 

Tips Terhindar Pinjol Ilegal


Terapkan tips ini agar terhindar dari pinjol ilegal!
 

1. Gunakan Aplikasi Resmi Terdaftar OJK


Meski pinjaman online (pinjol) bukan produk yang sudah lama berdiri, namun keberadaan dan penggunaannya di Indonesia sudah diatur oleh OJK. 

Guna membentengi masyarakat Indonesia dari penipuan dan kerugian materiel yang banyak, pemerintah melalui OJK telah membuat daftar pinjaman online yang resmi.

Daftar tersebut dapat dilihat di Sikapi Uangmu OJK. Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan menggunakan pinjol, harus melalui pinjol yang sudah terdaftar di OJK ini.

Baca Juga: Tips Bijak Menggunakan Pinjaman Online
 

2. Bukan untuk Hal Konsumtif


Tips selanjutnya agar terhindar dari pinjol ilegal adalah memperhatikan tujuan pinjaman. Hindari meminjam melalui pinjol untuk memenuhi kebutuhan konsumtif, misalnya menonton konser idola.

Meminjam untuk memenuhi kebutuhan konsumtif akan membuat kita gelap mata tanpa memperhitungkan bunga dan resiko, yang penting dapat pinjaman. 
 

3. Perhatikan Biaya dan Bunga


Pastikan biaya dan bunga pinjaman disampaikan terbuka oleh platform pinjol. Pinjaman online yang legal dan diawasi oleh OJK akan selalu memberikan rincian biaya dan suku bunga secara transparan.

Bahkan ada yang menyediakan fitur untuk melakukan simulasi pinjaman beserta rincian bunga dan setoran yang harus dibayarkan.
 

4. Baca Syarat dan Ketentuan Detail


Menghindari kesalahpahaman yang akan merugikan, sebelum melakukan transaksi pinjol kamu wajib membaca syarat dan ketentuan secara detail. 

Pinjol ilegal biasanya memberikan peraturan-peraturan yang jika dibaca secara seksama ternyata merugikan calon peminjam. 

Baca Juga: Waspada Penipuan Pinjaman Online, Ini yang Harus Kamu Lakukan
 

5. Sesuaikan Kemampuan Membayar


Agar tidak terjerat pinjol apalagi yang ilegal, kamu harus menyesuaikan jumlah pinjaman dengan kemampuan membayar tiap bulannya. Jangan sampai meminjam dalam nominal besar namun kesusahan membayarnya.

Buatlah kalkulasi pendapatan, kebutuhan, dan jumlah setoran yang harus dibayarkan untuk nominal pinjaman tertentu. Jika masih masuk budget, kamu bisa teruskan.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.