9 Tradisi Unik Perayaan Lebaran di Berbagai Daerah di Indonesia

Like

6. Meriam Karbit di Pontianak

Hal unik menjadi tradisi di pontianak di mana setiap warga di tepi sungai kapuas membuat Meriam karbit dari bambu ukuran besar yang nantinya akan dinyalakan pada malam Idul Fitri atau malam takbiran.

 

7. Pukul Sapu di Maluku

Tradisi ini terbilang cukup ekstrem yaitu dipertemukannya dia pemuda dari desa Mamala dan Morela yang akan saling pukul sapu lidi pohon enau.

Ada sejarah tersendiri mengenai pukul sapu tersebut yaitu dilakukan dalam rangka mengenang keberhasilan pembuatan Masjid tanpa ping dan paku yang terjadi pada abad 17.

Baca Juga: 5 Negara dengan Tradisi Ramadhan yang Unik, Mesir Salah Satunya!

Dikutip dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, menurut cerita mantan Raja Negeri Mamala, rakyat diperintahkan oleh Belanda untuk turun dari gunung dan mendirikan kampung serta masjid di pesisir agar mudah diawasi. Hal tersebut terjadi usai perang Kapahaha pada 1637-1646.


 

8. Binarundak di Sulawesi Utara

Binarundak adalah tradisi makan nasi jaha dalam bambu yang nantinya akan dibakar menggunakan serabut kelapa.

 

9. Bakar Ilo Sanggari di NTB

Bakar Ilo Sanggari merupakan tradisi dibuatnya lentera yang terbuat dari bambu dan dililit minyak biji jarak untuk dibakar dan akan dipasang di sekitar rumah.

Jika kita perhatikan, meskipun perayaan Idul fitri atau lebaran di berbagai daerah berbeda-beda tetapi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya mempunyai makna yang hampir sama yaitu sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, Silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan, merayakan kegembiraan dan kemenangan dengan sukacita.

Baca Juga: Tradisi Unik Ramadhan di Berbagai Negara: Kuwait Bagi-Bagi Cokelat

Bukan hanya dari makna dan nilai, tetapi kita juga akan menemukan kebiasaan dan tradisi yang hampir sama kegiatannya tetapi beda penamaan dan kekhasannya sesusi karakteristik masing-masing daerah. 


Ulasan ini dibuat dari berbagai sumber, semoga bermanfaat dan terima kasih

#30HariRamadhanbercerita



---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung