Hadiah Lebaran? Ini Prespektif Memberikan Hadiah dalam Islam

Like

Manfaat Memberikan Hadiah dalam Islam

Sebagai makhluk sosial, manusia saling membutuhkan dan berkomunikasi satu sama lain. Memberikan hadiah kepada orang lain dapat menimbulkan rasa saling menghargai, mempererat tali persaudaraan, dan menghilangkan perasaan negatif seperti su’udzon, hasad, iri dengki, dan lainnya.

 

Rekomendasi Hadiah Untuk Sahabat dan Keluarga

1. Kue Lebaran

Kue Lebaran adalah hadiah tradisional yang selalu dinantikan. Susun kue dalam kotak transparan untuk tampil cantik, lalu masukkan dalam hampers bersama kado-kado lainnya.

Akan lebih istimewa dan berkesan jika kue Lebaran hasil buatan tangan sendiri.

Baca Juga: 4 Pilihan Kado Lebaran Terbaik untuk Orang Tercinta!
 


2. Teh dan Kopi

Teh dan kopi sering menjadi teman saat acara santai keluarga. Pilih teh dan kopi terbaik serta lengkapi dengan cangkir atau gelas kopi antik sebagai hadiah Lebaran.


 

3. Body Care

Untuk keluarga atau sahabat yang masih remaja, Body Care menjadi pilihan yang cocok karena mereka sedang aktif merawat diri.

 

4. Pengharum Ruangan dan Lilin Aroma

Pengharum ruangan dengan berbagai aroma atau lilin aroma cantik bisa menjadi pilihan alternatif. Aroma kue, bunga, atau segar dapat memperindah suasana rumah.

Baca Juga: Mempererat Ikatan Kehangatan Melalui DIY Tradisi Tukar Kado Istimewa Saat Lebaran

 

5. Perlengkapan Makan

Momen Hari Raya seringkali diisi dengan acara makan bersama. Berikan hampers berisi perlengkapan makan mulai dari garpu, sendok, sumpit, piring, mangkok, dan lainnya.

Hadiah ini cocok untuk saudara atau sahabat yang sudah berkeluarga. Pilih bahan yang berkualitas dan tahan lama untuk menambah kesan istimewa.

 

6. Alat Salat dan Pakaian

Alat salat dan pakaian merupakan hadiah universal yang cocok untuk segala usia. Pastikan untuk menyesuaikan dengan usia penerima hadiah.

Agar menambah kesan dan menarik tampilan, kita bisa membungkus atau bahkan isinya bisa dibuat sendir. Jangan lupa juga untuk menulis kartu ucapan agar hadiah lebaran semakin berkesan. 

Baca Juga: 5 Inspirasi Kreatif Ide DIY dan Kado Terbaik untuk Lebaran

Memuliakan orang lain dengan memberikan hadiah merupakan salah satu cara menjaga hubungan baik antar manusia.

Dengan memahami perbedaan antara hadiah dan sedekah, kita dapat memberikan pemberian yang tepat sesuai dengan situasi dan hubungan dengan penerima.

Dengan demikian, kita tidak hanya memperoleh kebahagiaan di dunia, tetapi juga mendapatkan keberkahan dari Allah SWT di akhirat.

#30HariRamdhanBercerita



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung