Berat Badan Naik Setelah Lebaran? Yuk, Terapkan 6 Tips Ini Agar Berat Badanmu Stabil!

Like

3. Minum Air Putih Sebelum Makan

Apa yang Anda rasakan ketika minum sebelum makan?  Terasa kenyang bukan? Betul sekali. Jadi minum air putih sebelum makan akan mengurangi porsi makan.

 

4. Hindari Tidur Langsung Setelah Makan

Adakalanya mat akita langsung pengin ngantuk dan tidur begitu selesai makan. Namun,  asupan makanan yang baru saja masuk itu perlu dicerna dulu.

Jika langsung tidur, maka makanan itu akan tertimbun jadi lemak, perut pun jadi buncit Selesai makan, posisi tubuh harus tegak sehingga mempermudah pencernaan. 

Baca Juga: Takut Berat Badan Naik Setelah Kalap Makan Saat Lebaran? Ikuti Tips Ini!

Waktu yang dibutuhkan untuk mencernakan adalah 2 jam setelah selesai makan. Makanan akan dikirim ke usus kecil agar tidak terjadi masalah pencernaan.


 

5. Puasa Sunah

Selesai Idul FItri, masih ada kesempatan untuk berpuasa yaitu puasa Sunah. Tujuannya selain mendapatkan pahala, puasa Sunah selama 6 hari juga dapat menjaga berat badan tidak naik.

Metabolsime tubuh akan sesuaikan dengan cadangan lemak sebagai energi.

 

6. Gerakan 4 Jengkal

Gerakan #4 jangkal dengan cara melipat ketiga jari telunjuk, tengah, manis dari dua tangan.  Tinggal dua jari saja bukan?  Ibu jari dan kelingking, lalu lingkarkan kedua jari dari dua tangan dari titik sentral dari pusar, hitung hingga 4 kali jengkal.

Apabila lingkar badan kita masih 4 jengkal artinya kita belum aman untuk beberapa penyakit diabetis. Idealnya ukuran harus kurang dari 80-90 sm. 

Agar bisa  sehat, pola makan kita harus dikurangi karbohidrat tinggi seperti mie, nashi putih, kentang goreng dan gorengan lainnya.

Baca Juga: Menjaga Berat Badan Ideal Pasca Idul Fitri: Tips Berat Badan Ideal!

Bahaya dari karbo tinggi dirubah menjadi gula.  Kadar gula tinggi disimpan di lemak menjadi risiko diabetis.

Siap untuk menjaga berat badan dengan pola makan yang seimbang? 



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung