Takut Berat Badan Naik Setelah Kalap Makan Saat Lebaran? Ikuti Tips Ini!

Menjaga pola makan merupakan salah satu cara menjaga berat badan pasca idul fitri (Sumber: unsplash.com by Thought Catalog)

Menjaga pola makan merupakan salah satu cara menjaga berat badan pasca idul fitri (Sumber: unsplash.com by Thought Catalog)

Like

Setelah menjalani ibadah puasa Ramadan sebulan penuh, tibalah waktu dimana umat muslim sedunia merayakan hari kemenangan yakni hari raya idul fitri.

Saat lebaran idul fitri banyak momen yang dapat terjadi seperti kumpul dengan keluarga, bermaaf-maafan dan satu hal yang tidak dapat dilupakan yakni menyantap hidangan khas lebaran bersama-sama.

Tentunya hidangan saat lebaran terasa sangat khas dan membuat momen lebaran menjadi sangat dirindukan oleh banyak orang.

Hidangan seperti ketupat, opor ayam, rendang, gulai dan aneka makanan berat lainnya yang tentunya sangat menggugah selera.

Baca Juga: Benarkah Sembelit pada Anak Malah Menurunkan Berat Badan? Begini Penjelasan Dokter Herbowo Soetomenggolo


Akan tetapi, untuk sebagian orang terutama bagi mereka yang sedang menjaga berat badan hal ini cukup mengkhawatirkan karena mereka takut berat badan akan naik setelah mengonsumsi makanan berat saat lebaran.

Tenang saja Be-emers tak perlu khawatir berat badan naik karena kamu bisa mengikuti tips berikut:
 

1. Kembali ke Pola Makan yang Sehat

Setelah momen lebaran usai, kamu yang memang telah memiliki pendirian untuk pola makan yang teratur dan apa saja yang perlu dikonsumsi, sebaiknya dilanjutkan setelah 2 atau 3 hari lebaran.

Atur pola makan dengan teratur dan perhatikan apa yang akan kamu konsumsi, lebih baik perbanyak mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat dan baik untuk tubuh dan mengurangi atau membatasi makanan olahan dan juga berlemak agar kandungan gizi terpenuhi dan melancarkan pencernaan.

Baca Juga: Pantang Gemuk Saat Ramadhan, Ini 5 Tipsnya!