Dampak Serangan Iran terhadap Israel bagi Ekonomi Global dan Indonesia

Like

Pengaruh Serangan Terhadap Indonesia

Melansir dari laman bbc.com, Fithra menjelaskan bahwa jika skenario tersebut terjadi, Indonesia selaku negara yang mengimpor minyak akan terkena dampaknya.

Harga bahan bakar minyak (BBM) diperkirakan akan melonjak, yang akan diikuti oleh kenaikan harga komoditas lainnya.

Menurut perhitungan Fithra, pemerintah harus menambah anggaran untuk subsidi BBM sebesar Rp50 triliun - Rp110 triliun.

Baca Juga: Ketegangan Iran-Israel Meningkat: Gimana Dampak Harga Emas terhadap Geopolitik Timur Tengah?

Dengan proyeksi ini, pengeluaran pemerintah akan melebihi pendapatan dari pajak. Keadaan ini dikenal sebagai defisit fiskal.


Fithra khawatir situasi ini akan membuat investor takut karena mereka tidak yakin Indonesia dapat mengurangi defisit fiskal pada tahun 2025.

Akibatnya, nilai rupiah akan terus bisa merosot. Bahkan saat ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS telah menembus Rp16.000.

Lebih lanjut, Bhima Yudhistira, Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS), juga menyoroti dampak yang mungkin terjadi apabila pemerintah harus menaikkan harga BBM non-subsidi, bahkan tarif dasar listrik dan LPG untuk mengimbangi biaya subsidi.




----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung