Boncos Paska Lebaran: 7 Tips Perencanaan Anggaran Keuangan yang Bisa Diterapkan!

Like

2. Buatlah Skala Prioritas

Dengan sisa dana yang ada, buatlah prioritas kebutuhan mulai dari yang utama hingga yang bersifat tersier.  Jika dana tidak mencukupi hal tersier, cukup untuk kebutuhan utama dan sekunder,  misalnya uang listrik, uang sekolah yang utama, lalu uang konsumsi makan dan transportasi serta internet untuk kebutuhan sekunder.

 

3. Lakukan Penghematan

Pengeluaran harian yang terdiri dari  belanja untuk makan, transportasi.  Meskipun kedua pos pengeluaran ini sama-sama pentingnya, Sobat masih dapat melakukan penghematan dengan belanja sesuai kebutuhan bahan yang akan dimasak, diluar itu tak usah membeli bahan yang tidak diperlukan. 

Baca Juga: THR Pertama: Menerima THR Secara Pro-Rate Hingga Dicuri

Ketika sudah memasak, bawalah bekal untuk makan siang ke kantor, sehingga tak perlu lagi jajan. Juga untuk kopi di sore, tak perlu lagi ke kafe karena cashflow sedang “tight” sekali.

 

4. Tentukan Pengeluaran Harian

Ketika budget sedang ketat, gunakan cara pengeluaran yang terkontrol seperti menetapkan  dana untuk konsumsi makanan Rp50 ribu dan dana untuk transportasi Rp30 ribu. Sobat harus lakukan dengan sangat disiplin.


 


5. Sehatkan Kembali Dana Darurat

Apabila pembengkakan dana  sudah habis-habisan, sehingga perlu dana untuk menutupi “fresh fund”.   Alih-alih meminjam dari PInjol,  maka Sobat terpaksa mencairkan dana darurat.  

Tapi ingat bahwa bulan depat ketika sudah gajian,  dana darurat ini harus segera dikembalikan ke posisinya.  Hal ini untuk menghindari masalah yang terjadi di masa mendatang.

 

6. Pembayaran Utang

Kemungkinan saat Lebaran, Anda menggunakan kartu kredit untuk bayar tiket pesawat, akomodasi, bahkan kebutuhan yang lainnya.

Baca Juga: Kisah THR Tak Terlupakan di Momen Idul Fitri, Simbol Kehangatan dan Persaudaraan

Utang ini harus segera dibayar saat tanggal jatuh tempo.  Tidak menunda untuk pembayaran atau justru ingin bayar dari peminjaman yang lain (pinjol atau pay later).  Jika sobat lupa diri untuk pinjam lagi, maka sobat akan terlilit masalah keuangan di masa mendatang.

 

7. Alokasikan Dana untuk Tabungan dan Investasi

Ketika keuangan pribadi sudah sehat kembali, jangan lupa dari slogan perencanaan keuangan yang sehat adalah kemampuan seseorang dalam menyeimbangkan kebutuhan finansial saat ini dan masa depan. 

Jadi  Sobat harus ingat hari ini juga untuk masa depan, berinvestasilah dan menabunglah untuk masa depan. Siapkan Kesehatan finansial Anda paska Lebaran,  hidup aman dan sejahtera.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung