Cegah Diabetes, Pemerintah Singapura Wajibkan Minuman Kemasan Berlabel Nutri-Grade!

Like

Penyakit Diabetes Menjadi Musuh Pemerintah Singapura

Dilansir dari Health Promotion Board (HPB) Pemerintah Singapura, penyakit diabetes merupakan masalah kesehatan yang paling tinggi di Singapura.

Berdasarkan hal tersebut, jumlah penduduk Singapura yang mengidap penyakit diabetes diperkirakan mencapai 2 juta jika tidak ada tindakan secara serius yang diambil.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan atau Ministry of Health Singapura meluncurkan Perang Melawan Diabetes pada tahun 2021 dengan tujuan untuk memobilisasi upaya masyarakat Singapura untuk menangani penyakit diabetes.

Baca Juga: Peluang dan Tantangan: Menuju SDM Indonesia yang Unggul

Berdasarkan kasus diabetes yang merajalela di Singapura, ‘Nutri-Grade’ merupakan upaya yang terus dilakukan hingga sekarang oleh Pemerintah Singapura dalam memerangi penyakit diabetes.


Minuman dengan grade C atau D harus dicantumkan labelnya di bagian depan kemasan. Jika minuman kemasan dijual secara online, atau dari mesin minuman otomatis, maka label Nutri-Grade harus ditampilkan sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Lebih lanjut, beberapa iklan minuman dengan label D dilarang untuk dipublikasikan atau disebarluaskan di berbagai tempat.

Jika ada penjual yang melanggar peraturan tersebut, maka akan dikenakan denda hingga $1.000 US$ atau setara dengan 11,8 juta rupiah.

Jumlah ini akan berlipat ganda bagi pelaku yang berulang kali melakukan pelanggaran.

Label Nutri-Grade di Singapura dapat berpotensi mengubah selera dan preferensi remaja hingga orang dewasa terhadap gaya hidup yang lebih sehat, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Wah ternyata Pemerintah Singapura sudah sangat baik dalam memperhatikan kesehatan masyarakatnya.

Baca Juga: Jakarta Berada di Peringkat 103 Survei Kota Pintar, Pemerintah Masih Perlu Berbenah!

Menurut Be-emmers, kira-kira bisa tidak ya sistem “Nutri-Grade” diberlakukan juga di Indonesia?

Apakah akan menjadi terobosan terbaru atau justru menjadi sistem yang tidak disenangi oleh masyarakat?




-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung