Kenali Ciri-Ciri Self Sabotage yang Diketahui bisa Mengancam Karir

Like

Lalu bagaimana cara agar terhindar dari kondisi self sabotage? 

Lakukan antisipasi diri dengan meningkatkan self-awareness atau perilaku yang berfokus pada diri sendiri dan bisa mengatur tindakan sesuai dengan standar diri sendiri.

Dengan meningkatkan self-awareness kita bisa melakukan evaluasi diri secara objektif seperti ketika mengelola perasaan dan menyesuaikan perilaku atau reaksi yang akan kita berikan atas sikap orang lain. 

Cara lainnya untuk menghindari self sabotage adalah dengan menulis jurnal. Kamu bisa menulis target-target yang ingin kamu capai beserta langkah dan strateginya.

Baca Juga: 5 Cara untuk Jauh dari Penyakit Kronis untuk Gen Z, Tertarik Coba?

Dengan menulis, kita bisa menyadari tentang apa saja yang kita keluhkan dan mencari bagaimana solusi menghadapinya.


Selain menulis jurnal, meditasi juga bisa membantu kamu terhindar dari kondisi self sabotage. Perasaan cemas berlebih kamu akan bisa diatasi dengan bermeditasi, memahami diri sendiri juga menemukan kritik batin yang muncul ketika bermeditasi. 

 

Ilustrasi editasi/Canva

Ilustrasi editasi/Canva


Satu lagi, berkomunikasi dengan orang terdekat juga bisa membantu kamu untuk menghindari kondisi self sabotage.

Dukungan dari orang terdekat akan mengikis perasaan insecure kamu. Jangan takut untuk bercerita dan percaya kepada orang-orang terdekatmu. 




------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung